Breaking News

KAI Blacklist Pelaku Pelecehan Seksual di Kereta, Siap Dampingi Korban Lapor Polisi

Penumpang kereta. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan melakukan tindakan tegas kepada penumpang kereta yang melakukan pelecehan seksual dalam perjalanan kereta api. KAI memastikan, pelaku akan masuk daftar hitam dan tidak diperbolehkan lagi naik kereta api.

Nomor Induk Kependudukan (NIK) pelaku akan di-blacklist. "KAI sama sekali tidak mentolerir kejadian tersebut dan berharap tidak ada lagi kejadian serupa terulang kembali pada berbagai layanan KAI lainnya," kata EVP Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto dalam pernyataan resminya, dikutip Kamis (23/6/2022).

Ia mengatakan, KAI menerapkan kebijakan ini supaya memberikan efek jera dan mencegah pelaku melakukan hal serupa di kemudian hari. Kebijakan ini juga berlaku untuk pelaku pelecehan seksual yang kasusnya sempat viral kemarin.

Perusahaan perkeretaapian tersebut menolak untuk memberikan pelayanan terhadap pelaku yang sudah melanggar etika dan berbuat asusila yang sekaligus merendahkan martabat pelanggan lainnya, terutama terhadap kaum perempuan. Untuk mencegah terjadinya kejadian serupa, KAI akan terus melakukan sosialisasi melalui berbagai media serta pengumuman di stasiun dan selama dalam perjalanan.

Petugas KAI juga akan mengingatkan pentingnya menjaga kesantunan terhadap sesama penumpang, konsekuensi terhadap tindakan pelecehan seksual, serta mengingatkan untuk segera melaporkan perilaku yang membuat tidak nyaman penumpang. 

Selain itu, perseroan juga akan meningkatkan pengawasan dan pengamanan agar tidak memberikan kesempatan bagi pelaku untuk melakukan niatnya.

"Semoga berbagai langkah yang KAI lakukan dapat terus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelanggan selama menggunakan layanan KAI," tutup Asdo. Sebelumnya, dugaan aksi pelecehan seorang penumpang kereta api viral di media sosial usai rekaman video peristiwa tersebut diunggah oleh akun @Selasarabu.

Dari video tersebut, tangan yang diduga pelaku terlihat bergerak ke arah penumpang di sebelahnya. Perlahan, tangan itu meraba-raba paha korban. 

Korban sempat mengunggah video dan potongan foto tangan pelaku yang berusaha menjangkau pahanya. Berikut ini empat langkah yang bisa dilakukan penumpang saat melihat ataupun mengalami tindakan pelecehan seksual di atas kereta api adalah sebagai berikut:

1. Tetap tenang dan diimbau segera melapor.

2. Penumpang dapat melapor ke petugas atau melalui DM/inbox media sosial KAI121.

3. Hubungi petugas lewat nomor telepon kondektur tersedia di ujung kabin masing-masing kereta.

4. Petugas akan segera melakukan tindakan terhadap laporan yang diberikan.

Sesuai Undang-Undang No. 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual, KAI akan membantu korban pelecehan seksual untuk diteruskan ke proses hukum. (tim redaksi)

#kai
#pelecehanseksual
#blacklist
#daftarhitam
#nik
#tindakpidanakekerasanseksual
#proseshukum

Tidak ada komentar