Breaking News

Kabar Gembira! Tahun Depan Kuota Haji RI Berpeluang Capai 275 Ribu Jemaah

Jemaah haji. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kabar gembira bagi umat Muslim yang masih mengantre menunggu giliran naik haji. Pasalnya, kuota haji Indonesia pada tahun depan berpeluang capai angka 275.000 jamaah. 

Namun, hal ini harus memenuhi seluruh aspek dari keputusan Arab Saudi hingga faktor kesehatan. Hal tersebut diungkapkan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad.

Menurutnya, normalitas jumlah kuota haji sangat tergantung bukan hanya hubungan baik tetapi juga kondisi kesehatan secara global. "Jadi ini berkaitan soal pandemi. Kalau pandeminya dianggap selesai saya kira kemungkinan besar Saudi akan mengembalikan kepada kondisi yang semula," kata Abdul Aziz dalam keterangan resminya di Kantor Daker Makkah, dikutip Jumat (24/6/2022).

Ia menjelaskan, penghitungan kuota jemaah haji dihitung berdasarkan jumlah penduduk. Jika ingin ada perubahan penduduk dan kuota yang baru harus melalui sidang-sidang yang ditetapkan di dalam organisasi kerjasama Islam (OKI).

"Artinya, negara OKI duduk bersama untuk menetapkan berapa kuota yang sebenarnya," imbuhnya. Dubes menyebut, penduduk Indonesia sudah mengalami peningkatan dan kini diprediksi mencapai 260 juta hingga 265 juta penduduk.

"Artinya, harus ada tambahan jumlah jemaah dari 220 ribu menjadi 265 ribu. Terus ada tambahan lagi 10 ribu jadi 275 ribu. Itu kalau kondisinya normal dan usulan kita setiap permohonan kuota dikabulkan," terangnya lagi.

Namun, dirinya menekankan, bahwa penambahan kuota haji tidak diwajibkan melainkan hak pemerintah Saudi mau memberikan berapa kepada Indonesia. "Jadi jangan kemudian seolah-olah kita memaksa Saudi terus menerus menyiapkan penambahan kuota, jangan. Tetap saja itu kewenangan Saudi lah untuk memberikan," tegasnya.

Jika kondisi kesehatan di dunia sudah normal pada 2022, sambungnya, kuota haji kembali normal termasuk peniadaan pembatasan usia. "Nah termasuk batas usia mungkin tidak ada pembatasan. Tapi kan itu tergantung bagaimana pemerintah Saudi melihat kondisi pandemi maupun kondisi-kondisi kesehatan yang lain," ungkapnya lagi. (tim redaksi)

#kuotahaji
#dubesriuntukarabsaudi
#prediksipenambahankuotahaji
#jemaahhaji
#kondisipandemi
#pembatasanusia
#penambahankuotahaji

Tidak ada komentar