Breaking News

Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde, Ridwan Kamil Langsung Terbang ke Swiss

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril semasa hidup. Foto: Instagram @ataliapr

WELFARE.id-Kabar baik itu akhirnya datang. Kepolisian Bern, Swiss melaporkan kalau jasad anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, 23, yang hilang di Sungai Aare, ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pukul 6.50 waktu setempat. 

Keterangan resmi Kepolisian Bern menyebutkan bahwa pada Rabu pagi (8/6/2022) waktu setempat, polisi mendapatkan laporan adanya penemuan tubuh seorang pria berada di air Bendungan Engehalde di Bern. 

Kepolisian air Bern yang melakukan evakuasi mendapati tubuh pria itu di cekungan luapan bendungan. Dari pemeriksaan forensik, diketahui bahwa korban warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/2022) lalu.

Kabar itu lantas dilanjutkan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bern, Swiss kepada Ridwan Kamil. Untuk diketahui, Eril adalah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Saya ingin menyampaikan kabar bahwa kepolisian Bern telah bertemu kami bersama keluarga, untuk menyampaikan informasi awal jasad yang diduga ananda Eril pukul 11.50 WIB," terang Duta Besar Indonesia di Swiss Muliaman D Hadad, Kamis (9/6/2022).

Muliaman juga memaparkan bahwa sesuai dengan prosedur yang berlaku, kepolisian kemudian melakuan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jenazah itu benar adalah Eril.

"Setelah dilakukan tes DNA, Kepolisian Bern memastikan bahwa jasad yang ditemukan adalah benar Eril," papar Muliaman juga. 

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil kembali ke Swiss setelah mendapatkan informasi terkait penemuan jasad putra sulungnya tersebut. 

Juru bicara Pemprov Jabar Wahyu Mijaya mengatakan Ridwan Kamil berangkat ke Swiss pada Kamis (9/6/2022) atas permintaan pihak keluarga yang berada di sana.

"Gubernur sudah berangkat ke Swiss per hari ini. Atas permintaan keluarga di sana," katanya dalam jumpa pers yang digelar di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. 

Wahyu juga memastikan Ridwan Kamil berangkat ke Swiss tanpa ditemani istrinya Atalia Praratya. "Hanya beliau saja dengan asistennya," tuturnya. Wahyu juga membenarkan bahwa Ridwan Kamil mengajukan cuti selama 10 hari terhitung 9-19 Juni 2022.

"Terkait dengan izin Gubernur Provinsi Jawa Barat sudah ada inisiatif kembali menyampaikan permohonan izin ke luar negeri dengan alasan penting. Sudah mendapatkan persetujuan dari Mendagri. Cuti mulai 9 sampai 19 Juni," katanya.

Sebelumnya, keluarga Ridwan Kamil memastikan Eril sudah meninggal dunia di Sungai Aare, Bern, Swiss.
Kakak kandung Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman mengatakan kalau Eril berpulang usai pencarian maksimal yang dilakukan Tim SAR Swiss sejak Kamis (26/5/2022) hingga Rabu (2/6/2022).

"Innalilahi wa innailahi rojiun. Eril sudah wafat karena tenggelam," katanya saat jumpa pers dengan media massa di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Jumat (3/6/2022) lalu. (tim redaksi)


#tenggelam
#emmerilkahnmumtadz
#eril 
#sungaiaare
#bern
#swiss
#penemuanjasad
#gubernurjawabarat
#ridwankamil

Tidak ada komentar