Breaking News

Jelang Ulang Tahun, Yuk Diicip Kuliner Khas Betawi

Foto : net

WELFARE.id-Jakarta akan segera merayakan hari jadi ke-495 pada Rabu (22/6/2022). Untuk memeriahkan momen tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali mengadakan berbagai rangkaian acara, mulai dari pesta rakyat hingga festival kebudayaan. 

Meski saat ini warga Jakarta sudah beragam, kuliner asli Betawi masih ada lho. Yuk diintip! 

1. Nasi uduk Betawi 

Nasi uduk khas Betawi bukan hanya nasi yang harum karena menggunakan santan. Tapi memiliki lauk yang cenderung lebih variatif ketimbang nasi uduk pada umumnya. 

Selain tempe orek, bihun, dan telur, nasi uduk Betawi dilengkapi dengan berbagai jenis semur, mulai dari telur, tahu, tempe, hingga jengkol. 

Santapan tersebut juga dilengkapi sambal dengan bumbu kacang, salah satu ciri khas yang tak dimiliki nasi uduk lain. 

2. Asinan Betawi 

Bila mendengar kata “asinan”, sebagian besar orang pasti langsung terbayang dengan sajian berbagai buah yang dicampur dalam kuah pedas. 

Meski mengusung nama yang sama, asinan Betawi sangat jauh berbeda dengan bayangan tersebut. Pasalnya, bahan yang digunakan pada makanan ini lebih didominasi oleh sayuran, seperti tauge, kol, ketimun, dan selada. 

Selain itu, bumbunya pun cukup kental karena dibuat menggunakan kacang tanah dengan cita rasa asam, manis, dan pedas. 

Selain sayuran, asinan Betawi juga dilengkapi dengan tahu, mi kuning, kerupuk merah, kerupuk mi kuning, dan sambal kacang. 

3. Kerak telor 

Kerak telor merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang paling unik dan ikonis. Makanan ini punya tekstur yang mirip telur dadar. Akan tetapi, rasa yang ditawarkan sangat berbeda. 

Adapun keunikan cita rasa sajian tersebut berasal dari penggunaan bahan baku yang beragam. Di antaranya adalah ketan, ebi, kelapa parut sangrai, dan telur ayam atau telur bebek. 

Yang bikin mantap adalah, makanan ini dibuat saat kita memesan. Jadi masih fresh from the oven. Sebelum disajikan, kerak telor akan diberi taburan bumbu halus yang terbuat dari campuran kelapa parut sangrai, cabai merah, kencur, merica, jahe, dan gula pasir. 

4. Soto Betawi 

Kuliner yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Sebab, makanan ini memiliki rasa yang begitu lezat dan gurih. 

Dalam satu porsi makanan ini, ada irisan daging sapi atau kambing dan jeroan yang dicampur dengan potongan kentang, tomat, dan emping. 

Namun, daya tarik utama dari soto Betawi bukan terletak pada semua bahan tersebut, melainkan pada rasa kuahnya. 

Adapun kuah soto Betawi terbuat dari campuran santan, susu, minyak samin dan rempah. Berkat itu, kuah soto Betawi mampu menghasilkan rasa yang lezat dan gurih. 

5. Gabus pucung 

Gabus pucung adalah sajian khas Betawi dengan kuah hitam yang mirip seperti kuah rawon. Jika rawon menggunakan daging, makanan tradisional ini terbuat dari ikan gabus dan buah kluwek. 

Gabus pucung memiliki rasa yang sedikit asam. Meski begitu, kuahnya juga memiliki cita rasa gurih berkat rasa buah kluwek yang khas. 

6. Sayur Babanci 

Sayur Babanci termasuk salah satu kuliner Jakarta legendaris dan langka yang enggak boleh kamu lewatkan. Meski disebut sayuran, nyatanya hidangan ini tidak menggunakan sayur, tetapi memakai daging bagian kepala sapi. 

Selain itu, Sayur Babanci juga dilengkapi daging kelapa muda, potongan tomat, daun bawang, pete, dan serundeng. Karena rasanya mirip seperti gulai, biasanya Sayur Babanci disajikan dengan lontong atau ketupat. 

7. Laksa Betawi 

Berbeda dengan Laksa khas Melayu, Laksa Betawi terdiri dari mie yang dimasak dengan kuah kekuningan dari udang rebon. 

Biasanya, seporsi Laksa Betawi terdiri dari ketupat, tauge, telur, kucai, tahu, dan bihun agar cita rasanya makin nikmat. (tim redaksi) 

#kuliner
#betawi
#kulinerbetawi
#jakarta
#kulinerjakarta
#makanmakan

Tidak ada komentar