Breaking News

Jabat Menteri Perdagangan, Ini Profil Zulkifli Hasan yang Menggantikan M Lutfi

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (15/6/2022). Foto: Tangkapan layar YouTube Istana Kepresidenan 

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya memenuhi keinginan sejumlah kalangan untuk melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu Jilid III terutama menteri yang menangani masalah pangan. 

Lantaran kelangkaan dan melonjaknya harga minyak goreng (migor) membuat masyarakat harus mengantre mendapatkan bahan pangan tersebut, membuat banyak pihak geram. 

Karena itu, reshuffle dilakukan Jokowi terhadap Menteri Perdagangan (Mendag) yang sebelumnya dijabat M Lutfi digantikan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang merupakan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN).

Pelantikan Zulhas dilakukan di Istana Negara, Rabu sore (15/6/2022). Untuk diketahui, Zulhas sudah malang melintang di dunia perpolitikan Tanah Air. Saat ini dia menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024. 

Sebelumnya, Zulhas pernah menjabat sebagai Ketua MPR pada 2014-2019. Zulhas di era kepemimpinan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menjabat Menteri Kehutanan pada periode 2009-2014. 

Zulhas juga merupakan anggota DPR RI sejak 2004 silam. Dia memiliki konstituen dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Lampung I. Di internal partai, Zulhas pernah menjabat sebagai Sekjen pada 2005-2010. 

Ia menjadi Ketua Umum PAN sejak 2015 hingga saat ini. Zulhas jadi ketua umum PAN menggantikan Hatta Rajasa yang kalah dalam Pilpres 2014 saat berpasangan dengan Prabowo Subianto. 

Zulhas Lahir pada 31 Agustus 1962 di Penengahan, Lampung Selatan, Lampung. Lalu Zulhas menikahi Soraya yang dikarunia empat orang anak yakni Futri Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham Farras Nugraha, dan M Rafi Haikal. 

Sedangkan riwayat pendidikan, Zulhas menyelesaikan i pendidikan menengah atas di SMA Negeri 53 Jakarta pada tahun 1982. Ia kemudian melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada 1996. 

Selanjutnya, Zulhas meneruskan kuliah di program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada tahun 2003. 

Selama memimpin jabatan publik, Zukifli Hasan pernah mendapatkan cukup banyak penghargaan di antaranya Kadarman Award dari Strategic Change Leaders (2007), Gelar kebangsawanan Kanjeng Pangeran Noto Wononagoro dari Keraton Solo (2010) dan Gelar Adat Adok Pangeran Cagar Buana dari Majelis Penyeimbang Adat Lampung (2011).

Sedangkan penghargaan pernah didapat dari Kementerian Lingkungan dan Energi Negara Bagian Hessen atas kerja sama kehutanan Indonesia dan Jerman (2012), Bintang Jasa Mahaputra Adipradana (2014).

Lalu, Penghargaan Lifetime Achievement Indonesia Green Award (IGA) dari The La Tofi School of CSR (2014) dan Bhumandala Award dari Badan Informasi Geospasial (2014). 

Pada akhir masa jabatan sebagai Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan juga mendapat penghargaan dari Kalpataru Perintis Lingkungan dari Kumpulan Bonjol Nagari Koto Kaciak, Pasaman, Sumatera Barat.

Penghargaan itu diberikan pada peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia 2014. (tim redaksi)


#menteribaru
#reshufflekabinet
#menteriperdagangan
#zulkiflihasan
#zulhas
#mluthfi
#presidenjokowi
#istananegara

Tidak ada komentar