Breaking News

Ini Nama Tiga Calon Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Senior

Indra Sjafri, jadi salah satu kandidat yang akan menukangi timnas Indonesia senior pengganti Shin Tae-yong. Foto: net

WELFARE.id-Dianggap keteteran menukangi tiga tim nasional (timnas) Indonesia sekaligus, PSSI berniat mencari pengganti Shin Tae-yong. Untuk diketahui, selama ini pelatih asal Korea Selatan itu menukangi timnas U-20, U-23 dan timnas senior.

Saat ini, timnas Indonesia tengah menjalani Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan memainkan tiga pertandingan. Setelah itu, Shin Tae Yong harus mengarahkan fokus ke Piala AFF U-19 yang digelar mulai awal Juli nanti.

Memasuki bulan September, pelatih asal Korea Selatan itu akan terbagi fokusnya karena berlangsungnya Kualifikasi Piala Asia U-20 yang digelar pada 2023 (10-18 September 2023) dan FIFA Matchday yang akan bergulir pada pertengahan September 2022 ini.

Selain itu pada akhir tahun ini, Timnas Indonesia sudah dinanti ajang Piala AFF 2022 yang sejauh ini belum sekalipun mampu dimenangi.

Berikut tiga nama yang dianggap layak jadi calon pengganti  Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

1. Jeon Kyung Jun
Nama Jeon Kyung Jun masuk bursa calon pengganti Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Jeon Kyung Jun bukanlah wajah baru dalam lingkup kepelatihan sepak bola di Korea Selatan. Ia merupakan asisten Shin Tae-yong selama tiga tahun pada 2015-2018 lalu.

Jeon Kyung Jun menjadi tangan kanan Shin Tae-yong di timnas Korea Selatan U-20, U-23, hingga senior. Salah satu momen yang menjadi sorotan adalah ketika Jeon Kyung Jun dan Shin Tae Yong membawa kemenangan Korea Selatan atas Jerman dengan skor 2-0 pada Piala Dunia 2018.

Selepas Piala Dunia, Jeon dan Shin Tae-yong memutuskan berpisah. Jeon Kyung Jun menerima tawaran melatih Jeonnam Dragons sejak 2018 hingga 2022.

Belum lama ini, ia dikabarkan baru saja meninggalkan jabatannya sebagai pelatih Jeonnam Dragons yang membuka  kemungkinan Jeon bakal melatih tim sepakbola lain termasuk timnas Indonesia.

2. Dzenan Radoncic
Saat ini, Dzenan Radoncic menjabat asisten Shin Tae-yong sejak Oktober 2021 lalu untuk fokus kepada aspek teknik.
Mantan pesepakbola asal Montenegro itu disebut punya kedekatan dengan Shin Tae-yong. 

Radoncic pernah menjuarai Liga Champions Asia 2010 bersama Seongnam Ilhwa Chunma ketika menjadi pemain, sementara Shin Tae Yong adalah pelatihnya.

Berkarier selama 10 musim di Liga Korsel membuat Radoncic disebut sudah fasih berbahasa Korea. Hal itu menjadi salah satu hal yang memudahkan dirinya berkomunikasi dengan Shin Tae Yong saat ini.

Radoncic pun mendapat kepercayaan memimpin timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022. Sayangnya, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan gagal lolos fase grup.

Pengalaman dan komunikasi yang sudah terjalin dengan Shin Tae-ong membuat Radoncic dianggap pantas membawahi timnas Indonesia senior. Sebab Shin Tae-yong dapat lebih fokus memimpin Timnas Indonesia U-19 jelang Piala Dunia U-20 tahun depan.

3. Indra Sjafri
Sosok pelatih kawakan Tanah Air, Indra Sjafri masuk calon pengganti Shin Tae-yong. Pengalamannya melatih berbagai kelompok usia di timnas Indonesia membuat dirinya akan lebih mudah melakukan pendekatan kepada para pemain timnas saat ini.

Juru taktik berusia 59 tahun itu sudah menukangi timnas Indonesia U-16, U-19, hingga U-23. Ia mengorbitkan beberapa pemain muda potensial seperti Egy Maulana Vikri, Evan Dimas Darmono, Asnawi Mangkualam, dan Witan Sulaeman.

Indra pun sudah membuktikan kapasitasnya saat menjuarai Piala AFF U-19 dan U-22. Hal itu pula yang membuat Indra mendapat kepercayaan mengisi jabatan direktur teknik timnas Indonesia sejak 2020 hingga saat ini.

Dengan catatan yang ia torehkan bersama Skuad Garuda, bukan tak mungkin PSSI akan menunjuknya sebagai pelatih timnas Indonesia senior. (tim redaksi)

#sepakbola
#pelatih
#timnasindonesia
#shintae-yong
#pssi
#indrasjafri
#dzenanradoncic
#jeonkyungjun

Tidak ada komentar