Breaking News

Ini Faktor Penyebab Gigi Bungsu Tumbuh Bisa Sebabkan Nyeri Hebat

Gigi bungsu. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Pertumbuhan gigi bungsu menjadi gigi paling terakhir tumbuh yang menempati bagian belakang rahang. Pada sebagian orang, pertumbuhan gigi bungsu bisa menimbulkan rasa nyeri luar biasa karena area rahang yang sudah terbatas.

"Makanan kita sekarang cenderung lebih lunak. Jadi pertumbuhan rahang orang zaman sekarang nggak maksimal, sekarang lebih kecil," kata dokter gigi drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Sabtu (11/6/2022). 

Akibat rahang lebih kecil, gigi bungsu tidak punya ruang untuk tumbuh. Sehingga pertumbuhannya bisa jadi tidak proporsional. 

Maka tak heran, banyak kasus gigi tumbuh miring, atau tumbuh tak maksimal. "Jadi mungkin dia tumbuh sedikit, tapi posisi miring, atau posisi agak tertanam. Kalau nggak ada tempat sama sekali, tapi masih akan keluar, itu yang menimbulkan rasa sakit," paparnya.

Saat gigi bungsu tumbuh miring akan lebih sulit dibersihkan dari sisa makanan. Dia menyampaikan, cara membersihkannya tidak cukup hanya dengan menyikat gigi seperti biasa. 

Tapi perlu ditambah dengan benang gigi, juga berkumur dengan cairan khusus. Selain itu, sambungnya, gigi bungu sebenarnya tidak terlalu berfungsi. 

Sehingga sebaiknya dicabut daripada menimbulkan sakit luar biasa. "Sebenarnya dengan dua gigi geraham, kiri-kanan, atas-bawah itu sudah dapat membantu kita untuk lakukan pengunyakan makanan dengan baik. 

Jadi kalau gigi bungsu tumbuhnya bermasalah, lebih baik dicabut. Kalah masih ragu dan takut bisa dengan dental floss (benang gigi) dan kumur," sarannya.

Cara meredakan rasa sakit gigi bungsu

Sakit akibat tumbuh gigi bungsu ini bisa diatasi dengan minum obat pereda nyeri. Seperti, asam mefenamat, paracetamol, atau ibuprofen.

Kamu juga bisa meredakan rasa nyeri dengan berkumur menggunakan obat kumur atau air garam, serta melakukan kompres es pada pipi tempat gigi bungsu tumbuh. Sementara itu, jika mengalami sakit gigi bungsu saat hamil, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk langkah penanganan yang tepat. 

Umumnya, dokter akan menyarankan untuk minum obat pereda nyeri dengan jenis dan dosis untuk ibu hamil.

Syarat gigi bungsu dicabut

Biasanya, gigi bungsu harus dicabut bila gigi mengalami kondisi seperti:

- Tumbuh miring menabrak gigi geraham sebelahnya,

- Mengalami karies gigi parah,

- Mengalami infeksi atau penyakit gusi (periodontitis), dan

- Muncul kista atau tumor pada bagian sekitar gigi yang bermasalah. (tim redaksi)

#gigibungsutumbuh
#tipsmeredakansakitgigibungsu
#syaratpencabutangigibungsu
#gigibungsu
#benanggigi
#obatnyeri

Tidak ada komentar