Breaking News

Ilmuwan Berhasil Rekonstruksi Wajah Wanita dari Zaman Perunggu

Wanita kaya asal Bohemia pada zaman perunggu yang wajahnya berhasil direkonstruksi. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Penelitian untuk menguak sejarah masa lalu terus dilakukan. Salah satunya, para peneliti telah berhasil merekonstruksi wajah seorang wanita berambut gelap. Wanita ini merupakan salah satu warga terkaya Bohemia di Zaman Perunggu.

Bohemia terletak di utara Republik Ceko yang dekat dengan perbatasan Polandia. Lima gelang perunggu, dua anting emas, dan kalung tiga untai dengan lebih dari 400 manik-manik kuning terkubur di samping wanita itu. Tiga jarum jahit logam juga terkubur bersamanya. 

Wanita ini berasal dari peradaban Nice, sebuah suku dari Zaman Perunggu awal Eropa Tengah yang terkenal karena benda-benda logamnya seperti kepala kapak, belati, gelang, dan obor. Identitas wanita itu tidak diketahui.

Arkeolog Michal Ernée dari Institut Arkeologi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Ceko percaya dia kaya. "Ini mungkin kuburan wanita terkaya dari seluruh wilayah budaya Nice," kata Ernée, dilansir dari Live Science, Minggu (19/6/2022). 

Menurut pengujian radiokarbon di kuburan tempat tulang-tulangnya ditemukan, wanita itu hidup antara tahun 1880 dan 1750 SM. Pemakaman ini terletak di dekat Mikulovice, sebuah desa di utara Republik Ceko yang dekat dengan perbatasan Polandia. 

Wilayah ini dan sekitarnya dikenal sebagai Bohemia karena pernah menjadi bagian dari kerajaan dengan nama yang sama sebelum Perang Dunia I. 

Sebanyak 27 makam di pemakaman itu ternyata merupakan harta karun, karena ditemukan sekitar 900 keping amber. Amber ini kemungkinan besar dibawa dari Baltik, menunjukkan bahwa orang-orang itu adalah bagian dari jaringan perdagangan Eropa skala besar pada saat itu. 

Artefak perunggu yang dibuat oleh orang Eropa modern juga menunjukkan kecanggihan perdagangan Zaman Perunggu. Benda-benda perunggu dapat ditemukan di seluruh Eropa. 

Namun, bahan baku untuk perunggu, timah, dan tembaga hanya berasal dari beberapa tempat. Tengkorak wanita berbaju kuning itu adalah yang paling terawetkan dari sisa-sisa kerangka yang ditemukan di pemakaman dekat Mikulovice. 

Tulang-tulang itu disimpan dengan cukup baik sehingga masih memiliki fragmen DNA wanita itu. Para peneliti dapat menentukan bahwa mata dan rambutnya berwarna coklat, dan kulitnya putih, berkat urutan genetik ini. 

Model tubuh wanita itu dibuat bekerja sama dengan antropolog Eva Vanková dari Museum Moravia di Brno dan seniman Ondej Blek. Ilmu pengetahuan juga digunakan untuk mereproduksi pakaian dan aksesoris wanita.

Pemakaman mungkin bisa mengungkapkan informasi baru tentang perbedaan geografis Eropa Tengah Zaman Perunggu awal. Makam pria adalah makam terkaya di Bohemia yang berdekatan, sedangkan pemakaman wanita biasanya tanpa hiasan. 

Dia menambahkan tidak jelas apakah wanita memiliki status yang berbeda di daerah sekitar Mikulovice modern. (tim redaksi)

#sejarah
#rekonstruksiwajah
#wanitazamanperunggu
#penelitian
#sejarahmasasilam
#zamanbohemia
#republikceko
#polandia

Tidak ada komentar