Breaking News

Hasil Indonesia Masters 2022, Apri/Fadia dan Fajar/Rian Melaju ke Final

Pasangan Apriyani/Fadia dan Fajar/Rian melaju ke final Indonesia Masters 2022. Foto : instagram @bwf.official

WELFARE.id- Gelaran Indonesia Master 2022 masih berlangsung. Di semifinal, Indonesia memiliki empat wakil di semifinal. 

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri). Namun hanya dua yang lolos ke babak final, yakni pasangan  Apri/Siti dan Fajar/Rian. 

Berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, keberhasilan dalam menembus final Indonesia Masters 2022 menjadi pencapaian impresif bagi Apri/ Fadia. Pasalnya, mereka merupakan pasangan yang terbilang baru. Mereka mulai dipasangkan pada awal 2022 untuk mengantisipasi keputusan pensiun dari Greysia Polii selaku rekan duet Apriyani. 

Keduanya kemudian melakoni debut sebagai pasangan di turnamen resmi pada SEA Games 2021 Vietnam. Meski baru melakoni debut, Apri/Fadia langsung meraih medali emas SEA Games 2021 di nomor individu. Mereka kembali mengukir pencapaian impresif dengan menembus final Indonesia Masters 2022. 

Dalam perjalanan menuju final Indonesia Masters 2022, Apri/Fadia telah melalui beragam rintangan dari babak pertama hingga semifinal. 

Pada babak pertama, keduanya masih beradaptasi dengan lapangan. Namun, mereka mampu mengatasi rintangan itu dan tetap meraih kemenangan dua gim langsung atas wakil Belanda, Debora Jille/Cheryl Seinen. "Pada laga ini kami di awal-awal mencoba beradaptasi dengan lapangan," kata Fadia. 

Selanjutnya, di babak kedua atau 16 besar, mereka bersua ganda putri Malaysia, Vivian Hoo/Chiew Sien Lim. Pada laga tersebut, keduanya mulai mendapat kesulitan ketika memasuki gim kedua. Mereka selalu tertinggal saat pasangan Malaysia memasuki angka-angka krusial. 

Namun, Apri/Fadia perlahan mampu mengejar hingga berbalik unggul dan merebut gim kedua. Mereka kemudian menang dua gim langsung dengan skor 21-17 dan 21-19 atas Vivian Hoo/Chiew Sien Lim. 

Lalu, di perempat final, Apri/Fadia bersua unggulan kedua asal Korea Selatan, Lee So-hee/Shin Seung-chan. Pertandingan melawan Lee So-hee/Shin Seung-chan bisa dibilang menjadi cobaan yang sesungguhnya bagi mereka berdua. 

Apri/Fadia yang berstatus pasangan baru harus meladeni permainan ganda putri peringkat kedua dunia. Namun, mereka menghadirkan kejutan dengan mengalahkan Lee So-hee/Shin Seung-chan. Mereka mampu merebut dua gim terakhir setelah sempat kehilangan gim pertama. 

Apri/Fadia lolos ke semifinal, sedangkan Lee So-hee/Shin Seung-chan harus mengakhiri perjuangan di perempat final. 

Ketika tampil di semifinal, Apri/Fadia kembali melawan wakil Malaysia, yakni Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Permainan taktis yang ditampilkan Pearly/Thinaah kerap membuat mereka jatuh bangun. 

Setelah berjuang hingga rubber game, Apri/Fadia mampu mengalahkan Pearly/Thinaah dengan skor 21-23, 21-14, dan 21-14. Untuk kedua kalinya, Apri/Fadia berhasil mengalahkan wakil Malaysia pada Indonesia Masters 2022. 

Malaysia memiliki empat wakil dalam persaingan di sektor ganda putri Indonesia Masters 2022, dan Apri/Fadia mampu menyingkirkan dua di antaranya. 

Perjalanan Apriyani/Fadia menuju final Indonesia Masters 2022 juga dihiasi penampilan kelas dunia. Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) menyoroti salah satu momen ketika Apri/Fadia meraih poin pada semifinal kontra Pearly/Thinaah. 

Pada momen tersebut, mereka menampilkan kombinasi smash dan drop shot.  Sementara itu, Pearly/Thinaah menunjukkan kualitas pertahanan sebelum tak kuasa lagi menahan gempuran Apri/Fadia. "Reli kelas dunia dari Rahayu/Ramadhanti," demikian tertulis di akun Twitter BWF. 

Selanjutnya, di partai puncak, Apri/Fadia akan kembali menemui rintangan berat. Mereka dijadwalkan bersua ganda putri nomor satu dunia asal Tiongkok, yakni Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. 

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan lolos ke partai puncak Indonesia Masters 2022 setelah memenangi semifinal kontra pasangan Korea Selatan, Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong. 

Adapun duel antara Apri/Fadia dan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam rangkaian final Indonesia Masters 2022 dijadwalkan berlangsung pada Minggu (12/6/2022). 

Sementara itu, Fajar/Rian hanya butuh dua gim untuk menang atas wakil Tiongkok, He Jiting/Zhou Houdong. Mereka menghabisi sang lawan dengan skor 21-17 dan 21-17. 

Sayangnya, wakil Indonesia lainnya harus terhenti di semifinal. Kekalahan paling mengejutkan diterima Marcus/Kevin yang merupakan unggulan pertama untuk nomor ganda putra. 

The Minions justru takluk dari wakil Tiongkok non-unggulan, Liang Weikang/Wang Chang, dengan skor 17-21 dan 10-21. Kekalahan ini mungkin karena kondisi Marcus yang belum fit 100 persen. 

Lalu, Ginting gugur oleh Viktor Axelsen dari Denmark. Seperti Marcus/Kevin, Ginting pun kalah dalam dua gim dengan skor 15-21 dan 15-21. 

Hasil lengkap semifinal Indonesia Masters 2022: 

XD 

Zheng Siwei/Huang Yaqiong (Tiongkok) vs Seo Seung-jae/Chae Yu-jung (Korea Selatan) – 19-21, 21-14, dan 21-12 

Thom Gicquel/Delphine Delrue (Prancis) vs Supak Jokoh/Supissara Paewsampran (Thailand) – 22-20 dan 21-12 

WD 

Cheng Qingchen/Jia Yifan (Tiongkok) vs Jeong Na-eun/Kim Hye-jeong (Korea Selatan) – 21-12 dan 21-13 

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadahanti vs Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia) – 21-23, 21-14, dan 21-14 

WS 

Ratchanok Intanon (Thailand) vs Han Yue (Tiongkok) – 13-21, 21-14, dan 21-18 

Chen Yufei (China) vs He Bingjao (Tiongkok) – 21-17 dan 21-14 

MS 

Chou Tien Chen (Taiwan) vs Loh Kean Yew (Singapura) – 21-16, 8-21, dan 21-19 

Viktor Axelsen (Denmark) vs Anthony Sinisuka Ginting – 21-15 dan 21-15 

MD 

Liang Weikang/Wang Chang (Tiongkok) vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo – 21-17 dan 21-10 

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs He Jiting/Zhou Houdong (Tiongkok) – 21-17 dan 21-17. (tim redaksi

#badminton
#bulutangkis
#indonesiamasters2022
#apriyani/fadia
#fajar/rian
#apriyanirahayu
#sitifadiasilvaramadhanti

Tidak ada komentar