Breaking News

Hari Ini, 5 Calon Hakim Agung dan Ad Hoc Tipikor Jalani Fit and Proper Test Lanjutan di DPR RI

Gedung Mahkamah Agung. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Sebanyak 6 Calon Hakim Agung (CHA) dan Calon Hakim Ad Hoc Tipikor di Mahkamah Agung (MA) telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) pada Selasa (28/6/2022) kemarin di Komisi III DPR, Jakarta. Kini giliran 5 calon hakim lainnya.

"Komisi III DPR akan menggelar rapat pleno pada Rabu sore untuk memutuskan siapa yang lolos," kata Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran Khairul Saleh, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, dikutip Rabu (29/6/2022). 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II DPR Adies Kadir saat membuka Uji Kepatutan dan Kelayakan kemarin menjelaskan, masing-masing CHA diberikan alokasi waktu uji kelayakan paling lama 60 menit termasuk 10 menit yang disampaikan untuk menyampaikan pokok-pokok makalah. 

Adapun pertanyaan ditanyakan masing-masing fraksi selama 3 menit kepada masing-masing calon hakim agung yang pelaksanaannya diatur oleh Pimpinan Rapat Komisi III DPR. "Setelah selesai pelaksanaan proses ini, masing-masing calon hakim agung diminta menandatangani surat pernyataan yang telah disediakan oleh Komisi III DPR RI," terang politikus Partai Golkar tersebut. 

Adapun 6 CHA yang mengikuti uji kelayakan kemarin, di antaranya, CHA Kamar Agama Abdul Hakim, CHA Kamar Tata Usaha Negara (TUN) Khusus Pajak Triyono Martanto, CHA Kamar Pidana Subiharta, CHA Kamar Pidana Suradi, CHA Kamar Pidana Wilem Saija dan Sudharmawatiningsih. 

Sementara 5 calon hakim lainnya yang akan menjalankan uji kelayakan hari ini, di antaranya CHA Kamar Perdata Nani Indrawati, CHA Kamar Tata Usaha Negara Khusus Pajak Cerah Bangun, dan 3 Calon hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi di MA Agustinus Purnomo Hadi, Arizon Mega Jaya, dan Rodjai S Irawan. (tim redaksi)

#fitandpropertest
#calonhakimagungcha
#calonhakimagungadhoctipikor
#mahkamahagung
#calonhakimmahkamahagung
#ujikepatutandankelayakan

Tidak ada komentar