Breaking News

Gunakan Rudal Jelajah, Rusia Hancurkan Gudang Senjata Milik AS dan Eropa di Ukraina

Militer Rusia menyerang fasilitas militer milik AS dan sejumlah negara Eropa di dekat Kota Lviv, Ukraina, pada April 2022 lalu. Foto: Reuters

WELFARE.id-Perang terus berkobar di Ukraina. Terbaru militer Rusia melakukan penyerangan menggunakan rudal jelajah untuk menghancurkan gudang senjata besar milik Amerika Serikat (AS) dan Eropa di wilayah Ternopil, Ukraina.

Berita penyerangan itu dilakukan terhadap kantor berita Interfax yang mengutip keterangan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia, Minggu (12/6/2022). Sejumlah foto dengan asap terlihat di gudang senjata yang dirudal militer Rusia tersebut. 

Kemenhan Rusia juga mengatakan selain itu, pasukan Rusia juga telah menembak jatuh pesawat tempur SU-25 Ukraina dekat Donetsk dan Kharkiv yang ada di Ukraina bagian timur. 

Sebelumnya dilaporkan serangan roket menghantam Kota Chorkiv yang terletak di sebelah barat Ibu Kota Kiev, Ukraina. Gubernur Ternopil Volodymyr Trus mengatakan serangan itu merusak sebagian fasilitas militer dan melukai 22 orang.

Trush juga mengatakan empat rudal menghantam kota yang dia pimpin pada Sabtu (11/6/2022) pukul 18.46 waktu setempat. Rudal jatuh sekitar 75 kilometer selatan Ternopil. 

”Semua rudal balistik itu berasal dari Laut Hitam. Sebuah fasilitas militer dan fasilitas sipil juga hancur sebagian. Tidak ada korban jiwa tapi kami memiliki korban luka, 22 orang sudah dirawat di rumah sakit," kata Trush, seperti dikutip dari Reuters.

Ia juga mengatakan sebanyak 22 korban luka termasuk seorang anak yang baru berusia 12 tahun. Trush menambahkan serangan juga merusak empat gedung apartemen yang dihuni warga.

Sementara itu, perang darat antara militer Ukraina dan Rusia semakin mengganas di Kota Sievierodonetsk. Meski digempur berulang kali, tapi pasukan Ukraina masih menguasai daerah industri dan pabrik kimia di timur kota tersebut. 

Gubernur daerah setempat mengatakan terdapat ratusan warga sipil berlindung dari gempuran tembakan militer Rusia di pabrik kimia tersebut. Pasukan Ukraina yang melindungi warga sipil bertahan mati-matian melawan pasukan Rusia. (tim redaksi)

#perang
#invasimiliter
#rusia
#ukraina
#gudangsenjata
#amerikaserikat
#negarabarat

Tidak ada komentar