Breaking News

Gempa Tektonik Akibat Aktivitas Sesar Aktif, Guncang Malut Magnitudo 5,0

Gempa di Maluku. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Gempa dengan magnitudo 5,0 mengguncang Maluku Utara, Kamis (2/6/2022), pukul 05.55 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, setelah melakukan analisis BMKG menyatakan wilayah Pantai Barat Laut Halmahera Selatan, Maluku Utara, diguncang gempa tektonik.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,05° Lintang Selatan dan 127,22° Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 54 kilometer arah barat daya Labuha, Maluku Utara pada kedalaman 20 kilometer," ucapnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip),” imbuhnya.

Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Obi dan Labuha dengan skala intensitas II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Pada hasil monitoring BMKG hingga pukul 06.10 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Ia memberi rekomendasi kepada warga sekitar agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ia juga meminta, untuk sementara warga menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (tim redaksi)

#gempabumi
#gempa
#gempatektonik
#takberpotensitsunami
#aktivitassesaraktif
#gempadimalut

Tidak ada komentar