Breaking News

Gempa Guncang Papua dan NTB, Warga Berhamburan

Gempa di Papua. Foto : tangkapan layar 

WELFARE.id-Gempa berkekuatan magnitudo 5.0 mengguncang Papua hari ini, Senin (6/6/2022). Gempa yang terjadi pukul 15.29 WIB itu beepusat di 17 km Tenggara Sarmi, di 2.53 LS -139.35 BT dengan kedalaman 10 km. BMKG melaporkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami. 

Sebelumnya, gempa magnitudo 5,1 dan magnitudo 5,0 juga mengguncang wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Senin (6/6/2022) pukul 11.44 wita. 

Pusat gempa berada pada koordinat 8,76° LS ; 118,40° BT, tepatnya wilayah daratan Dompu di kedalaman 126 km. 

Getarannya membuat warga dan pegawai di kantor pemerintahan panik berhamburan keluar gedung. 

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bima, Topan Primadi membenarkan dua gempa dengan kekuatan berbeda mengguncang wilayah tersebut. "Gempanya dua kali tadi, pertama M 5,1 kemudian terjadi susulan dengan kekuatan M 5,0," tukasnya. 

Topan mengungkapkan, gempa tersebut sangat terasa di wilayah Kota Bima dan Kabupaten Bima. Warga yang panik sampai berhamburan keluar rumah, termasuk pegawai di kantor pemerintahan. 

Meski begitu, belum ada laporan kerusakan akibat bencana alam ini, baik di Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu. "Laporan anggota di lapangan memang gempa tadi membuat warga panik berhamburan keluar gedung. Warga di Sumba saja merasakan getarannya, apalagi kita yang lokasinya berdekatan dengan pusat gempa. Untuk kerusakan sampai sekarang belum ada laporan," katanya. 

Dia menerangkan, berdasarkan hasil pemodelan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan Tsunami di wilayah perairan Bima dan Dompu. 

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipercaya. "Walaupun getaran sangat terasa karena kekuatannya di atas magnitudo 5 tapi sejauh pantauan kami gempa ini tidak berpotensi tsunami," pungkasnya. (tim redaksi) 

#gempa
#gempapapua
#gempabima
#bmkg
#earthquake

Tidak ada komentar