Breaking News

Fantastis, Cetakan Edisi Pertama Buku ”Harry Potter” Dilelang Rp3,6 Miliar

Petugas lelang menunjukkan edisi pertama buku Harry Potter and the Philosophers Stone yang langka di rumah lelang Christie's di London, Inggris, Selasa (31/5/2022). Henry Nicholls/Reuters

WELFARE.id-Cetakan buku edisi pertama ”Harry Potter and the Philosopher’s Stone” kini sudah menjadi barang langka. Karenanya, buku itu akan dilelang di rumah pelelangan Christie’s di London, Inggris.

Penawaran pelelangan buku karya penulis J.K Rowling itu akan dimulai dengan harga 200.000 poundsterling atau setara Rp3,6 miliar.

Mengutip Reuters, Rabu (1/6/2022), buku ini akan dilelang dalam ajang ”The Art of Literature: Loan and Selling Exhibition” bersama dengan 200 judul buku langka lainnya. Untuk buku Harry Potter ini diketahui merupakan salah satu dari 500 eksemplar buku hardcover pertama yang dicetak pada tahun 1997 lalu.

Dari 500 eksemplar itu hanya 200 buku yang dijual ke publik di seluruh dunia, sedangkan 300 buku lainnya telah dikirim ke berbagai perpustakaan.

Menariknya pada edisi perdana buku Harry Poter itu terdapat kesalahan cetak yang menambah keunikan pada buku yang akan dilelang tersebut.

”Di sampul belakang, misalnya, para filosof yang tentu saja merupakan kata kunci… adalah salah eja kata ’filsuf’, bahwa ’o’ yang kedua ’o’ hilang. Juga di halaman 53, dalam daftar barang yang diminta murid untuk dibawa ke Hogwarts bersama mereka, ‘satu tongkat’ diulang dua kali,” kata Spesialis buku cetak serta kurator ”The Art of Literature” Mark Wiltshire.

Pada periode buku itu terbit, nama J.K Rowling belum tersohor seperti saat ini dan tidak ada yang menyangka buku mengenai penyihir dan dunia magisnya akan menjadi kisah sangat populer di dunia.

Kini buku itu telah mencetak banyak sejarah dan menjadi salah satu seri serta waralaba film besar dan sukses di seluruh dunia.

”Dalam banyak hal, buku ini adalah manifestasi fisik dari memori ajaib bagi begitu banyak orang dan itulah yang membuatnya sangat diinginkan oleh kolektor,” kata Wiltshire juga.

Untuk diketahui, acara lelang buku bertema ”The Art of Literature” Christie’s London itu akan dibuka untuk umum pada 7-15 Juni 2022 nanti. (tim redaksi)

#harrypotter
#bukucetakanpertama
#lelang
#balaichristie’s
#london
#theartofliterature
#jkrowling

Tidak ada komentar