Breaking News

Efektif dan Mudah Dilakukan, Ini Sembilan Jenis Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit selain mengganggu penampilan juga mengganggu kesehatan. Foto: net

WELFARE.id-Banyak orang melakukan segala cara agar menghilangkan perut buncit. Tak sedikit yang hasilnya nihil karena beberapa faktor yang kurang mendukung.

Memiliki perut buncit dapat mengganggu penampilan dan membuat beberapa orang merasa tidak nyaman. Akibatnya, dapat menurunkan rasa percaya diri.

Selain bisa menurunkan rasa percaya diri, miliki perut buncit berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan hipertensi.

Ukuran lingkar perut atau pinggang seharusnya tidak lebih dari 90 cm untuk pria dan 80 cm untuk wanita. Apabila ukuran lingkar pinggang Anda melebihi angka tersebut, sebaiknya Anda mulai melakukan berbagai upaya mengecilkan perut buncit.

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecilkan perut buncit. Satu di antaranya dengan melakukan olahraga.
Berikut ini beberapa jenis olahraga mengecilkan perut buncit, yang efektif dan mudah dilakukan, dikutip dari laman Menshealth dan Stylecraze, Kamis (16/6/2022): 

1. Burpees
Burpees dipercaya dapat mempercepat pembakaran lemak perut daripada gerakan olahraga lainnya jika dilakukan secara teratur. Selain membakar lemak, gerakan burpees membantu membangun otot yang kuat dan meningkatkan metabolisme sepanjang hari.
Melakukan gerakan burpees 10 repetisi sama efektifnya seperti lari cepat selama 30 detik untuk meningkatkan metabolisme.

2. Plank
Plank efektif mengecilkan perut buncit lantaran melibatkan banyak otot sekaligus membakar lemak di area perut. Rutin melakukan plank juga bermanfaat memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit punggung, membuat badan lebih lentur, serta perut jadi lebih kencang. Ada sejumlah variasi gerakan plank yang dapat ditiru, seperti plank leg lift, side plank, arm plank, dan sebagainya.

3. Mountain Climbers
Mountain climbers merupakan gerakan olahraga yang sempurna untuk mengecilkan perut buncit dan membuat rata, terutama perut bagian bawah. Mountain climbers merupakan satu di antara gerakan dalam latihan HIIT yang efeknya sama seperti latihan kardio serta melatih otot paha dan bokong pada saat bersamaan.

Gerakan ini pun minim risiko cedera sendi dan lutut. Jika Anda pemula, mulai 10-15 kali gerakan mountain climbers tanpa henti, lalu tingkatkan jumlahnya secara bertahap.

4. Sit Up
Latihan sit up dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut. Caranya, berbaringlah di lantai dalam posisi telentang dengan lutut ditekuk, lalu angkat badan ke arah lutut sambil menghembuskan napas dan perlahan turunkan kembali ke lantai sambil menarik napas.
Lakukan gerakan sebanyak 10 kali (satu set), dan ulangi hingga 2-3 set per hari.

5. Lompat Tali
Olahraga yang sering disebut skipping ini bisa menjadi alternatif pilihan olahraga untuk mengecilkan perut buncit. Lompat tali cukup efektif mengecilkan perut buncit sehingga bisa menurunkan berrat badan. Lompat tali juga dapat meningkatkan kebugaran dari organ jantung dan paru-paru.

6. High Intensity Interval Training (HIIT)
Cara mengecilkan perut buncit dengan olahraga bisa dilakukan melalui high intensity interval training (HIIT) atau latihan interval berintensitas tinggi. HIIT adalah metode latihan singkat yang mengombinasikan latihan intensitas tinggi dengan gerakan intensitas rendah dan waktu istirahat. Misalnya, 30 detik lompat jongkok, istirahat 30 detik, lalu berjalan kaki 30 detik. Urutan tersebut bisa diulang beberapa kali untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

7. High Knee
High knee akan membantu Anda mengecilkan perut buncit. Anda bisa melakukan gerakan ini seperti berlari di tempat dengan cepat selama 20 detik. Kemudian dengan gerakan perlahan selama 10 detik.

8. Bicycle Crunch
Gerakan ini mirip dengan orang yang mengendarai sepeda yang perlu mengayuh dengan kaki kanan dan kiri. Bedanya, gerakan olahraga untuk mengecilkan perut ini dilakukan sambil berbaring telentang dan kaki di udara. Putar tubuh bagian atas ke kanan dan kiri dengan posisi kepala mengikuti arah. Saat kita melihat ke sisi kanan, kaki kiri Anda juga ikut ditekuk untuk menempel pada siku. Lalu luruskan kembali. Lakukan berulang kali secara bergantian.

9. Side Plank
Berbeda dengan plank biasa, dalam gerakan yoga atau olahraga mengecilkan perut ini Anda akan ditantang untuk menopang bobot tubuh hanya dengan dua titik yaitu kaki dan siku. Gerakan ini akan membuat otot inti bekerja lebih keras dan Anda menjadi lebih stabil. (tim redaksi)

#hidupsehat
#olahraga
#kecilkanperutbuncit
#demipenampilan
#cegahpenyakit
#cegahpenyakitjantung
#cegahkolesterol

Tidak ada komentar