Breaking News

Dua Sekolah Diliburkan, Sebanyak 1.620 Jiwa Terdampak Banjir Bandang di Leuwiliang Bogor

Banjir bandang di Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/6/2022). Foto: Istimewa

WELFARE.id-Banjir bandang yang terjadi Rabu (22/6/2022) petang mengakibatkan ratusan rumah di Kampung Cisarua, Desa Tanjung Sari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor terendam lumpur. Hingga Kamis (23/6/2022) pagi, warga masih membersihkan sisa lumpur yang masih menumpuk. 

Sementara dua sekolah terpaksa diliburkan. Berdasarkan data sementara, banjir menerjang 5 RT di kampung tersebut yakni RT 01, 02, 03, 04, 05, dan RW 06. 

Adapun jumlah yang terdampak mencapai 405 Kepala Keluarga (KK) dengan 1.620 jiwa. "Air berangsur-angsur mulai surut, masyarakat masih waspada dan di tempat aman," ungkap Aris, warga korban banjir bandang.

Sejak malam kemarin, tim dari BPBD Kabupaten Bogor dan lainnya berada di lokasi untuk melakukan assesment. Petugas juga berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya dan menyalurkan air bersih

Banjir bandang terjadi menyusul hujan dengan intensitas tinggi melanda kawasan tersebut pada Rabu petang. Hal itu mengakibatkan volume air sungai di Kampung Cisarua meluap dan membuat ratusan rumah terendam lumpur. 

Tidak hanya itu, puluhan tambak ikan juga tersapu air sungai. Menurut Sekdes Tanjung Sari, Asep, luapan air sungai terjadi akibat debit air sungai dari gunung mengalir begitu deras, hingga air sungai meluap dan masuk ke permukiman warga.

Sementara itu, dua sekolah yakni SDN Tanjung Sari 1 dan sekolah PAUD terpaksa diliburkan karena mengalami dampak banjir seluruh ruang kelas dipenuhi lumpur. Hingga kini, pemerintah setempat belum bisa menaksirkan kerugian akibat banjir bandang ini. (tim redaksi)

#banjirbandang
#leuwiliang
#bogor
#jawabarat
#hujanlebat
#curahhujantinggi
#sekolahterdampak
#rumahwarga

Tidak ada komentar