Breaking News

Diselamatkan Warga, Penumpang Susi Air yang Jatuh di Papua Berhasil Dievakuasi Tim SAR ke Timika

Proses evakuasi korban pesawat jatuh Susi Air. Foto : ist

WELFARE.id-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) memastikan 7 penumpang pesawat Susi Air yang mengalami kecelakaan di Papua seluruhnya selamat. Tujuh penumpang pesawat Susi Air PK-BVM yang jatuh di Duma, Kabupaten Paniai, Papua, itu diselamatkan oleh warga sebelum tim Basarnas gabungan tiba di lokasi kejadian. 

Hal itu diungkapkan Danland Timika Letkol (PNB) Slamet Suhartono. "Evakusai berjalan aman dan lancar di mana saat tim tiba di lokasi, namun warga terlebih dahulu mengevakuasi para korban," kata Slamet, Kamis (23/6/2022). 

Slamet menerangkan, tujuh korban pesawat jatuh itu diselamatkan warga ke tempat terbuka. Hal ini pun memudahkan proses evakuasi menggunakan helikopter untuk landing. "Lima orang mengalami patah tulang," tukasnya. 

Tujuh penumpang termasuk pilot Capten Doyle Peter telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Timika, Kabupaten Mimika oleh tim gabungan. 

Evakusi para korban menggunakan helikopter Caracal TNI Angkatan Udara dengan melibatkan tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika dan personel TNI Angkatan Udara. 

Dari ketujuh korban termasuk pilot dan kru pesawat, lima di antaranya dievakuasi ke Timika, Kabupaten Mimika, untuk menjalani tindakan medis di RSUD Mimika. Sedangkan dua korban lainnya tidak ikut dievakuasi karena merupakan warga Kampung Duma. "Lima korban kita evakuasi. Dua orang lainnya tidak ikut, karena orang asli sana dan mereka memilih tinggal," ungkapnya. 

Sebelumnya diberitakan, pesawat dengan jenis Pilatus Porter PK BVM itu dikabarkan jatuh saat akan terbang dari Timika menuju Duma hari ini sekitar pukul 05.54 waktu setempat. (tim redaksi) 

#papua
#kecelakaanpesawat
#susiair
#susiairjatuh
#timika

Tidak ada komentar