Breaking News

Dilantik 1 Juli 2022, Tiongkok Umumkan Kabinet Pemerintah Hong Kong yang Baru

Pemimpin Hong Kong, John Lee yang bakal dilantik pada 1 Juli 2022 nanti. Foto: AFP

WELFARE.id-Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) mengumumkan daftar nama sejumlah pejabat Pemerintah Hong Kong yang baru. Para pejabat pro Beijing itu akan dilantik bersama Pemimpin Hong Kong, John Lee.

Pelantikan itu direncanakan akan digelar pada 1 Juli 2022 nanti bertepatan dengan 25 tahun penyerahan kekuasaan Hong Kong kepada Tiongkok dari Inggris pada 1997 silam.
 
Berdasarkan daftar yang dirilis kantor berita Xinhua dan pemerintah Hong Kong pada Minggu (19/6/2022), salah satu yang bertahan adalah Menteri Keuangan Paul Chan yang akan meneruskan jabatannya. 

Sementara itu, Paul Lam akan menggantikan Teresa Cheng sebagai Menteri Kehakiman dan Eric Chan menjadi Sekretaris Kabinet atau orang nomor dua dalam Pemerintahan Hong Kong.

Sejumlah media Hong Kong melaporkan Presiden Tiongkok Xi Jinping diperkirakan akan menghadiri sumpah jabatan Lee sebagai pemimpin Hongkong tersebut. 

Namun belum dikonfirmasi apakah ada pejabat pemerintah pusat Tiogkok yang akan menghadiri pelantikan tersebut.

Hong Kong yang merupakan bekas koloni Inggris yang kini dikuasai Tiongkok meningkatkan kewaspadaan terkait penularan COVID-19. Kasus infeksi naik di atas 1.000 perhari di wilayah tersebut. 

Walaupun demikian, belum ada tanda-tanda peraturan terkait pembatasan sosial yang diperketat sebelum digelarnya pelantikan orang nomor satu di Hongkong dan kabinetnya terseebut.

Saat ini, Hong Kong masih menerapkan peraturan pembatasan sosial yang paling ketat. Kota itu masih mewajibkan pengunjung dari luar negeri untuk menjalani karantina dan mewajibkan tes harian untuk puluhan ribu warganya. (tim redaksi)

#hongkong
#pemimpinbaruhongkong
#johnlee
#pemerintahantiongkok
#pelantikan
#presidentiongkok
#xijinping
#penularancorona

Tidak ada komentar