Breaking News

Dihajar Hujan Deras dan Angin Kencang, Atap Dua Ruang Kelas SD di Cianjur Ambruk

Salah satu ruang kelas di SDN Panyusuhan 3 Cianjur yang ambruk akibat hujan deras. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (15/6/2022) membawa bencana rusaknya fasilitas pendidikan di daerah tersebut.

Lantaran atap dua ruang kelas di SDN Panyusuhan 3 Desa Payusuhan, Kecamatan Sukaluyu, runtuh akibat tingginya curah hujan disertai angin kencang, Rabu (15/6/2022). 

Kepala SDN 3 Panyusuhan, Asep Suryana mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun puluhan siswa terpaksa menjalani proses belajar mengajar secara bergiliran.

"Kondisi kedua ruangan sudah berumur tua dan belum mendapat bantuan untuk renovasi, bahkan kuda-kuda di bagian atap diduga sudah lapuk sehingga saat diguyur hujan deras lebih dari dua jam membuat atap bangunan runtuh," terangnya, Rabu (15/6/2022).

Ia juga menjelaskan, sejak beberapa bulan terakhir, pihak sekolah sudah tidak menggunakan kedua ruangan tersebut sebagai antisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan. Sebab, bangunan sudah tidak layak, terutama bagian atap dan langit-langit yang sudah bocor.

Untuk kegiatan belajar mengajar kelas V dan VI dialihkan pada siang hari setelah siswa kelas I, II, III dan IV yang masuk pada pagi hari pulang. 

Pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur terkait dengan harapan agar dua ruang kelas yang rusak itu dapat segera dibangun kembali.

"Sudah hampir 30 tahun bangunan sekolah tidak mendapat renovasi atau perbaikan, hanya tahun lalu mendapat bantuan untuk perbaikan ruang guru," katanya juga.

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan pihaknya sudah memerintahkan dinas pendidikan mendata sekolah yang rusak agar segera mendapat bantuan.

 Agar proses belajar mengajar tidak terganggu dan siswa dapat belajar dengan aman dan nyaman.

"Kami akan segera membangun kembali ruang kelas yang ambruk, agar anak-anak dapat kembali menjalani proses belajar mengajar secara normal,” terangnya. (tim redaksi)

#cuacaekstrem
#anginkencang
#hujanderas
#sdnpanyusuhan3
#kelasambruk
#bupaticianjur 
#hermansuherman

Tidak ada komentar