Breaking News

CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk Dituntut Rp3.820,4 Triliun

Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX yang juga salah satu orang terkaya di dunia. Foto: AFP

WELFARE.id-Elon Musk digugat. CEO Tesla dan SpaceX itu digugat sebesar USD258 miliar atau Rp3.820,4 triliun pada Kamis (16/6/2022) oleh seorang investor Dogecoin yang menuduhnya menjalankan skema piramida atau skema ponzy untuk mendukung cryptocurrency. 

Dalam pengaduan yang diajukan ke Pengadilan Federal di Manhattan, Amerika Serikat (AS), penggugat Keith Johnson menuduh Musk melakukan pemerasan.

Ia juga menyebut Musk menggembar-gemborkan Dogecoin agar menaikkan harganya hanya untuk membuat harga jatuh. Dalam berkas pengaduan itu, terdakwa disebut sadar sejak 2019 bahwa Dogecoin belum memiliki nilai tapi mempromosikannya untuk mendapat untung dari perdagangannya.

"Musk menggunakan citranya sebagai orang terkaya di dunia untuk mengoperasikan dan memanipulasi Skema Piramida Dogecoin untuk keuntungan, eksposur, dan hiburan," katanya seperti dilansir Reuters, Kamis (16/6/2022).

Keluhan yang diajukan ke pengadilan itu juga mengumpulkan komentar dari Warren Buffett, Bill Gates, dan pengusaha lainnya yang mempertanyakan nilai cryptocurrency. 

Sayangnya, hingga kini Tesla, SpaceX, dan pengacara Elon Musk tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait pengajuan gugatan hukum tersebut.

Sedangkan salah seorang pengacara untuk Johnson tidak menanggapi permintaan komentar dari wartawan terkait bukti spesifik apa yang dimiliki atau diharapkan kliennya dalam kasus gugatan tersebut. 

Bukti itu juga seharusnya membuktikan bahwa Dogecoin tidak berharga dan para terdakwa menjalankan skema piramida.

Untuk diketahui, Johnson meminta ganti rugi sebesar USD86 miliar mewakili penurunan nilai pasar Dogecoin sejak Mei 2021. Dia juga ingin memblokir Musk dan perusahaannya dari mempromosikan Dogecoin.

Selain itu, ia menuntut hakim untuk menyatakan bahwa perdagangan Dogecoin adalah perjudian di bawah undang-undang federal dan New York. Keluhan tersebut mengatakan aksi jual Dogecoin dimulai sekitar waktu Musk menjadi tuan rumah acara NBC bertema Saturday Night Live.

Musk juga dituduh menggunakan ahli keuangan fiktif pada segmen "Weekend Update" yang disebut Dogecoin adalah "hustle". 

Sebelumnya, Tesla pada Februari 2021 lalu  mengatakan telah membeli USD1,5 miliar  bitcoin dan untuk waktu yang singkat menerimanya sebagai pembayaran untuk kendaraan. 

Saat ini, Dogecoin diperdagangkan sekitar 5,8 sen pada Kamis (26/6/2022), atau turun dari harga pada puncaknya Mei 2021 lalu yang sekitar 74 sen. (tim redaksi)

#gugatan
#elonmusk
#tesla
#spacex
#pengadilanfederalmanhattan
#dogecoin
#uangdigital
#cryptocurrency

Tidak ada komentar