Breaking News

Cegah Pikun dan Penyakit Jantung, Mulai Konsumsi 6 Jenis Ikan Ini Sekarang!

Ikan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Ikan adalah makanan berprotein tinggi yang sehat. Terutama karena kandungan asam lemak Omega-3, merupakan lemak esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh.

Asam lemak omega-3 memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan otak dan jantung. Omega-3 telah terbukti dapat mengurangi peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

American Heart Association (AHA) merekomendasikan makan ikan setidaknya 2 kali seminggu, terutama ikan berlemak seperti salmon, trout, sarden, dan tuna albacore yang tinggi omega-3.

Di Indonesia, ada beberapa jenis ikan yang mudah didapat dan memiliki kandungan Omega-3 setara salmon, trout, haring, dan cod. Melansir Healthline, Senin (13/6/2022), berikut 6 jenis ikan paling sehat yang memiliki profil nutrisi yang mengesankan:

1. Ikan Patin

Daripada makan ikan dori impor asal Vietnam, ikan patin lebih aman. Sebab ikan patin aman dari bahan kimia pengawet dan harganya lebih terjangkau.

Ikan patin lokal dan ikan dori memang sangat mirip dari tekstur maupun rasa. Ikan patin mengandung protein(68,6%) dan lemak (5,8%). Pada bagian perut ikan tawar ini juga kaya Omega-3.

2. Ikan Lele

Ikan lele sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern karena budidayanya yang mudah. Harganya pun relatif terjangkau. 

Mengandung fosfor, seng, magnesium, lemak, dan berbagai vitamin dalam ikan lele. Ikan tawar yang lezat ini juga mengandung asam lemak Omega-3. Satu ekor ikan lele mengandung 220 mg Omega-3.

3. Ikan Kembung

Sama seperti salmon, ikan kembung juga kaya asam lemak omega-3 dan DHA, bahkan lebih tinggi. 

Setiap 100 gram ikan kembung mengandung 2,2 gram Omega-3. Oleh karena itu ikan kembung baik diberikan untuk si kecil yang masih dalam masa pertumbuhan.

Tak hanya kaya protein dan Omega-3, ikan kembung juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, D, E, dan vitamin C.

4. Makarel

Ikan makarel adalah ikan berminyak yang kaya akan lemak sehat. King makarel adalah ikan dengan merkuri tinggi, jadi pilihlah varieta Atlantik dengan merkuri yang lebih rendah atau pilihan makarel yang lebih kecil.

5. Sarden

Ikan sarden merupakan ikan berminyak yang kaya akan banyak vitamin. Versi kalengnya mudah ditemukan, dan sebenarnya lebih bergizi karena ikan sarden dikonsumsi utuh, termasuk tulang dan kulitnya.

6. Tuna

Baik segar atau kalengan, tuna adalah favorit banyak orang. Jika ingin tuna segar, pilihlah potongan yang mengkilap dan berbau segar. 

Disarankan agar membatasi konsumsi tuna sirip kuning, albacore, dan ahi karena kandungan merkurinya yang tinggi. (tim redaksi)

#kandunganomega3
#ikanlaut
#ikanairtawar
#ikanlele
#mengandungproteintinggi
#ikansarden
#jagakesehatanotakdanjantung

Tidak ada komentar