Breaking News

Carro Caplok 50 Persen Saham Rental Mobil Milik Sandiaga Uno

Penandatanganan MoU PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) dan Carro. Foto : ist

WELFARE.id-Platform jual beli mobil yang berpusat di Singapura, Carro, mengakuisisi 50 persen saham perusahaan rental mobil yang berafiliasi dengan perusahaan Sandiaga Uno, yakni PT Mitra Pinasthika Mustika (MPM) Rent.

MPM Rent terafiliasi dengan Sandiaga Uno lewat PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. Ia memiliki saham di Saratoga sebesar 21,5 persen. 

Melalui keterangan resminya, perseroan hari ini, Senin (6/6/2022), mengumumkan telah resmi menandatangani perjanjian jual beli pada Selasa 31 Mei 2022 lalu dengan Carro yang berbasis di Singapura. 

"Di mana Carro berinvestasi sebanyak USD53,8 juta atau setara dengan Rp783,8 miliar sehingga menjadi pemegang 50 persen saham PT Mitra Pinasthika Mustika Rent," tulis keterangan resmi perseroan, dikutip Selasa (7/6/2022). 

Adapun perseroan percaya kerja sama dengan Carro tersebut dapat menyediakan sebuah ekosistem end-to-end bagi para konsumen di Indonesia termasuk pasar online, pembiayaan, sewa, perbaikan, maupun penjualan. 

Direktur Utama Mitra Pinasthika Mustika Suwito Mawarwati menyatakan, perseroan percaya bahwa Carro adalah mitra yang sangat baik dan dapat menambah nilai strategis bisnis perusahaan. 

"Mengingat Carro memiliki rekam jejak dan pengalaman operasional dalam ekosistem online otomotif yang terintegrasi penuh. Ini adalah bab berikutnya yang penting dan menarik untuk Mitra Pinasthika Mustika Rent (MPMRent)," terangnya. 

Dia juga menjelaskan, kerja sama tersebut akan menciptakan integrasi online dan offline yang unik pada ekosistem otomotif di Indonesia yang menawarkan layanan dan produk yang lengkap untuk konsumen. Dengan menggunakan pasar, mulai dari rental, pembiayaan hingga layanan asuransi pasar B2B dan B2C. 

Sementara itu, CEO Carro Aaron Tan mengharapkan melalui kerja sama ini bisa meningkatkan pertumbuhan perusahaan dan mentransformasi pengalaman konsumen sesuai dengan komitmen perusahan yang akan tetap berinvestasi dan memajukan bisnis di Indonesia. 

MPM Group adalah salah satu perusahaan rental mobil di RI yang memiliki armada lebih dari 13 ribu mobil serta menyediakan layanan pembiayaan. 

Sementara, Carro berdiri pada 2015 lalu. Perusahaan itu memiliki ekuitas USD600 juta dan utang hingga USD300 juta. 

Platform Carro adalah perusahaan jual dan beli mobil kendaraan bekas secara daring. Selain itu, perusahaan juga menawarkan layanan asuransi dan pembiayaan. (tim redaksi) 

#ekonomi
#akuisisi
#mpm
#carro
#carroakuisisimpm

Tidak ada komentar