Breaking News

Beriklim Tropis, Indonesia Cocok Terapkan Fashion Berkelanjutan

Sustainable fashion untuk kehidupan bumi yang lebih baik. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Industri fashion kini fokus dengan isu ramah lingkungan. Industri ini menjadi salah satu penyumbang global warming di dunia, karena perubahan tren busana yang sangat cepat setiap musimnya.

Sehingga, dalam beberapa tahun terakhir ini pelaku industri fashion getol mengampanyekan istilah sustainable fashion. Yaitu, upaya pelaku fashion untuk mengurangi sampah pakaian.

Di Indonesia, upaya "sustainable fashion" juga berjalan. Desainer Jeny Tjahyawati mengatakan, sustainable fashion atau fashion berkelanjutan kini sudah menjadi perhatian sebagian besar masyarakat, khususnya para pelaku bisnis mode. 

Sustainable clothing atau baju-baju berbahan lestari sendiri mengacu pada kain yang berasal dari sumber daya yang ramah lingkungan, seperti tanaman serat yang ditanam secara berkelanjutan. Dia menyebut, katun organik menjadi kain primadona yang paling laris di pasar fashion Muslim Indonesia belakangan ini. 

Pasalnya, jenis kain ini dinilai nyaman dipakai untuk berbagai aktivitas yang padat dan sesuai cuaca di Indonesia. "Kain yang bermaterial sustainable itu bahannya lebih ringan, lebih mudah dibentuk dan menyerap keringat, cocok untuk iklim Indonesia yang tropis," ujarnya dalam acara virtual Cotton USA dan U.S. Cotton Trust Protocol in the Muslim Fashion Wear Industry, dikutip Sabtu (18/6/2022).

Presiden PT MBS Brand Salt n Pepper (Subsidiary of PT Pan Brothers Tbk) Eugene Budiman mengatakan, kini masyarakat Indonesia sudah mulai sadar untuk menjaga kelestarian lingkungan bumi, termasuk dalam pemilihan bahan pakaian agar limbah pakaian tersebut masih bisa diserap dan diperbaharui lagi oleh bumi. "Costumer jadi lebih peka, notice, oh brand ini peduli lingkungan. Itu menguntungkan banget," akunya.

Pemilihan produk sustainable yang tepat memang dapat memberi kesan nyaman ketika dipakai, sehingga masyarakat tidak perlu terlalu sering membeli baju dalam jangka waktu dekat. Ditambahkan Jeny, perawatan kain yang sustainable pun jauh lebih mudah dibandingkan kain sintetis.

Melihat perkembangan itu, Eugene berharap, sustainable fashion bisa terus digaungkan oleh para desainer, influencer, hingga artis ternama Tanah Air. "Karena, menjaga kelestarian lingkungan sudah menjadi kewajiban bagi seluruh manusia di muka bumi," ajaknya. 

4 alasan kenapa sustainable fashion itu penting:

1. Menjadikan bumi lebih baik

Alasan pertama kenapa sustainable fashion itu penting adalah agar menjadikan bumi kita lebih baik. Seperti yang kita tahu, industri fashion meninggalkan jejak karbon yang besar bagi lingkungan, mulai dari tahap pre-production, production, sampai post-production. 

Fashion items yang sudah tidak kita gunakan dan dibuang begitu juga bisa menimbulkan permasalahan baru. Coba deh, mulai menggunakan pakaian dengan serat organik atau kain sustainable. Biasanya, proses produksi fashion item yang berkelanjutan alias sustainable menggunakan lebih sedikit energi, air, dan bahan sintetis.

2. Memberikan keadilan bagi pekerja industri fashion

Kita juga ternyata bisa membantu para pekerja industri fashion dengan beralih ke sustainable fashion, lho. Kita bisa melakukan hal di atas dengan membeli pakaian yang sudah mendapatkan sertifikat “Fair Trade” dari lembaga terpercaya. 

Sertifikat ini memberikan jaminan bahwa pekerja yang meng-handle produksi pakaian tersebut dalam lingkungan yang aman, bebas penindasan, dan mendapat upah yang adil.

3. Timeless dan berkelanjutan 

Sustainable fashion mendukung penggunaan bahan-bahan organik yang mini atau bebas bahan kimia. Namun, bukan hal ini saja yang menjadi sorotan.

Model dan desain yang diberikan juga terbilang timeless. Kamu dijamin irit belanja plus hemat biaya.

Apalagi, cara merawat pakaian sustainable juga super gampang. Kamu hanya perlu mencucinya menggunakan air dingin dan deterjen biodegradable. Kemudian, jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

4. Mengurangi limbah tekstil

Seperti yang sudah kita bahas di poin pertama, alasan lain kenapa sustainable fashion sangat penting adalah jumlah limbah yang dihasilkan. Slow fashion bisa menjadi solusi yang tepat untuk tidak membeli lebih banyak pakaian daripada yang kita butuhkan.

Hal ini membuat jumlah limbah tekstil yang dihasilkan lebih sedikit. Mereka juga tidak memaksakan koleksi baru tiap minggu ataupun bulan dan cenderung lebih terkonsep. (tim redaksi)


#sustainablefashion
#fashionberkelanjutan
#mengurangisampaipakaian
#bahanpakaianramahlingkungan
#desainerfashion
#mengurangilimbahindustripakaian

Tidak ada komentar