Breaking News

Begini Syarat Wajib Memilih Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam

Sapi salah satu hewan kurban yang diwajibkan saat Idul Adha. Foto: net

WELFARE.id-Tidak lama lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Selain salat sunah, umat muslim juga melakukan proses penyembelihan hewan kurban. Ibadah kurban atau penyembelihan hewan kurban ini merupakan hal wajib bagi umat Islam yang telah memenuhi syarat tertentu.

Salah satunya yaitu bagi mereka yang mampu secara ekonomi dalam memenuhi kebutuhan keluarganya. Bukan hanya itu saja, ternyata ada syarat-syarat khusus yang disyariatkan dalam agama Islam mengenai hewan yang akan dipilih. 

Biasanya, hewan yang dikurbankan antara lain kambing, domba dan sapi. Kondisi hewan juga perlu diperhatikan sebelum memilih untuk disembelih. Terdapat beberapa tips memilih hewan kurban Idul Adha sesuai syariat Islam yang perlu diketahui.

Untuk diketahui, ibadah kurban ini hanya dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha yang dilaksanakan setiap tanggal 10-13 Dzulhidjah. Hukum ibadah kurban juga telah ditegaskan oleh Allah SWT dalam Al-Quran surat Al-Kautsar ayat 1-2. 

Selain itu juga ada aturan membeli hewan kurban. Saat membeli hewan kurban pun, umat Islam dapat langsung datang dan memilih sendiri maupun melalui jasa pedagang hewan kurban. Lantas bagaimana tips memilih hewan kurban Idul Adha sesuai syariat Islam? Melansir dari zakat.or.id, Kamis (23/6/2022), sejumlah ulama ada yang berpendapat kurban termasuk ibadah sunnah dan ada yang mengatakan wajib.

Ibadah kurban sendiri menurut Alquran dan hadis sebagaimana dalam firman Allah SWT dalam QS. Al-Kautsar ayat 2, yang artinya, "Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al Kautsar: 2).

Firman Allah SWT lainnya juga tertulis dalam QS. Al-Hajj ayat 34, yang artinya,
”Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah)." (QS. Al Hajj: 34).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA dari Rasulullah SAW, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,
Artinya: "Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami."

Adapun syarat orang-orang yang diperbolehkan berkurban. Terdapat beberapa syarat orang yang akan melaksanakan ibadah kurban, yaitu:

a. Beragama Islam

b. Telah menginjak usia baligh yang ditandai:
Keluar mani pada anak laki-laki atau perempuan. Baik dalam keadaan jaga maupun mimpi. Hal ini sebagai tanda adanya perubahan hormon pada diri mereka.
Keluar darah menstruasi bagi anak perempuan.
Jika yang berkurban belum baligh, maka tidak diminta untuk melakukan penyembelihan. Namun, sunnah bagi walinya untuk berkurban atas nama anak tersebut.

c. Berakal

d. Mampu
Memiliki kelebihan dari makanan pokok, pakaian dan tempat tinggal untuk diri sendiri maupun keluarga di Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyrik.

Apabila telah memenuhi syarat tersebut, sunnah baginya melakukan ibadah kurban

Tips memilih hewan kurban memang perlu diperhatikan oleh umat Islam. Memilih hewan yang diperbolehkan untuk berkurban merupakan salah satu tata cara kurban sesuai syariat Islam. Tahukah kalian, tidak semua hewan bisa dijadikan hewan kurban.

Jenis hewan yang dibutuhkan untuk berkurban adalah hewan ternak seperti kambing, domba, unta hingga sapi. Selain itu juga bisa menggunakan hewan lainnya asalkan sesuai dengan yang disyariatkan dalam Al-Quran dan hadist yang disebut Bahiimatul Al An’aam (hewan ternak tertentu). 

Adapun syarat hewan layak menjadi hewan kurban adalah sebagai berikut:

1. Sapi atau kerbau masuk usia 2 tahun
2. Domba masuk usia 6 bulan
3. Kambing masuk usia 1-2 tahun
4. Unta usia 5-6 tahun

Bukan hanya itu, umat Islam juga harus mengecek kondisi hewan kurban. Sebab, ada beberapa syarat hewan kurban yang memang harus dipenuhi. Sebagaimana sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan dari al-Barra bin Azib radliyallâhu ‘anh. (tim redaksi)


#iduladha
#harirayakurban
#syaratwajibkurban
#syariatislam
#umatislam
#perintahallahswt
#alquran

Tidak ada komentar