Breaking News

Begini Cara Mudah Membuat ’French Omelette’ Sempurna Ala Prancis

Sajian French Omelette Ala Prancis yang menggugah selera. Foto: net

WELFARE.id-Omelette, salah satu hidangan yang sangat disukai di Amerika Serikat dan Prancis. Hidangan ini sudah ada dalam beberapa variasi sejak zaman dulu, tetapi kata French untuk omelette baru mulai digunakan pada abad ke-16. 

Sejak saat itu menu makanan ikon Prancis ini terus mendunia. Meski terlihat sederhana, membuat telur dadar Prancis yang enak dan gurih ini melibatkan teknik dan presentasi berbeda dibandingkan dengan gaya klasik Amerika. 

Jika Anda benar-benar ingin menerapkan resep klasik ini, maka penting memperhatikan langkah-langkah tepat dan praktik terbaik untuk menghindari kesalahan.

"Apa yang membuat telur dadar ala Prancis yang sebenarnya berbeda dari telur dadar Amerika adalah itu dibuat hanya dengan telur dan mentega sehingga teksturnya lembut," terang pakar kuliner dan salah satu pemilik La Boulangerie Boul'Mich di Florida Selatan, AS, Benigno Armas, dilansir HuffPost, Rabu (29/6/2022).

Telur dadar ala Prancis memiliki warna kuning muda sempurna tanpa bintik-bintik kecokelatan. Kalau gaya Amerika dilipat menjadi dua, omelette Prancis digulung menjadi oval atau silinder.

Banyak orang meyakini bahwa penyajian omelette yang ideal menyerupai bola sepak. Namun, Anda harus memasak telur dengan benar. ”Tips pertama untuk mendapatkan telur dadar ala Prancis yang sempurna adalah selalu menggunakan telur segar," ujar Armas.

Sangat ideal membuat omelette dengan dua telur dan kocokan tangan, di mana Anda harus mengocoknya selama 30 detik. Setelah itu, bumbui dengan garam dan merica. Selanjutnya, gunakan wajan antilengket.

Ia juga mengingatkan agar jangan mencoba membuat telur dadar Prancis dengan terlalu banyak telur. Menggunakan banyak telur adalah kesalahan umum lain. Sebab, itu  membuat waktu memasak menjadi lama hingga mengubah rasa dan tekstur omelette.

"Menggunakan terlalu banyak telur saat menggoreng omelette juga tidak akan membuat Anda membuat lingkaran tipis saat Anda menyebarkan telur di atas wajan," ujar Armas.

Sementara itu, Direktur Urusan Kuliner di Institut Pendidikan Kuliner, Herve Malivert mengatakan untuk membuat omelet Prancis maka suhu wajan harus benar. 

”Panaskan wajan di atas api sedang dan tambahkan mentega, dan saat mentega meleleh, telur siap dimasak," terang  Karena itu, Malivert merekomendasikan menambahkan telur ke dalam wajan dengan cepat dan sekaligus. 

Pindahkan panci dan aduk dengan spatula secara bersamaan untuk membuat emulsi. Saat telur sudah lembut, ketuk wajan untuk meratakan telur dan pastikan tidak ada gumpalan. Jika Anda ingin menambahkan isian seperti bumbu dan/atau keju, pastikan telur dadar sudah matang.

Malivert meyakini, kalau omelette yang terbaik dihasilkan setelah menunggu sampai telur 85 persen matang. Selanjutnya, saatnya tiba untuk menggulungnya.

"Gulung salah satu sisi telur ke tengah untuk membuat sepertiga lipatan pertama, lalu gulingkan sisi lainnya ke tengah sehingga menjadi sepertiganya. Balikkan wajan sehingga disajikan dengan sisi lipatan menghadap ke bawah," ujar Malivert.

Meskipun instruksinya tampak cukup sederhana, ada banyak hal yang mengacaukan pembuatan telur dadar Prancis. Salah satu kesalahannya adalah warna telur terlalu gelap, di mana hal itu disebabkan oleh wajan yang terlalu panas.

"Panci yang terlalu panas juga akan membuat telur terlalu matang, telur dadar Prancis yang sempurna seharusnya tidak memiliki warna dan teksturnya lembut," papar Malivert juga.

Mailvert juga menyarankan agar tidak memasak dengan api yang terlalu besar. Membalik sisi lain telur adalah kesalahan lain. Selain itu juga, melumasi wajan dengan banyak mentega dapat membuat telur dadar lengket dan tidak menyatu. 

Jika Anda melakukan salah satu kesalahan itu, jangan berkecil hati. Menyempurnakan pembuatan telur dadar ala Prancis  membutuhkan latihan dan terus latihan. (tim redaksi)


#kuliner
#omelette
#alaprancis
#amerika
#carapembuatan
#trikkhusus
#masakansempurna

Tidak ada komentar