Breaking News

Bawa Bantuan untuk Korban Gempa Mamuju, Koarmada II Kirim KRI Makassar-590

Prajurit TNI AL memasukkan logistik ke KRI Makassar-590 di Dermaga Ujung Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (11/6/2022), untuk bantuan korban gempa Mamuju, Sulbar. Foto: TNI AL 

WELFARE.id-Gempa yang terjadi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) membuat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) turun tangan untuk memberikan bantuan. 

Melalui Komando Armada (Koarmada) II, TNI AL mengirim bantuan berupa bahan pangan, obat-obatan, selimut, dan perlengkapan kebersihan untuk korban gempa di Kabupaten Mamuju.

Kepala Staf Kormar II Laksamana Pertama (Laksma) Rachmad Jayadi memberangkatkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Makassar-590, yang mengangkut bantuan untuk korban gempa Mamuju, di Dermaga Kormar II Surabaya, Sabtu  dini hari (11/6/2022).

KRI Makassar-590 membawa bantuan berupa beras, mi instan, gula, air mineral, selimut, popok bayi, serta perlengkapan kebersihan seperti sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, dan sikat gigi.

"TNI AL juga menerjunkan tim medis dan membawa serta obat-obatan yang dibutuhkan bagi masyarakat Kabupaten Mamuju," kata Rachmad usai memberangkatkan KRI Makassar-590.

Rachmad yang mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan bahwa KRI Makassar-590 diperkirakan sampai di Kabupaten Mamuju dalam dua hari.

"Setelah tiba di Kabupaten Mamuju selanjutnya bahan bantuan akan diserahkan langsung kepada warga terdampak yang saat ini kebanyakan berada di pengungsian," lanjutnya juga.

Dia juga menjelaskan bahwa sesuai arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Yudo Margono, TNI Angkatan Laut juga harusberperan aktif dalam upaya kemanusiaan setelah kejadian bencana alam tersebut. "Ini termasuk tugas TNI AL, yakni operasi militer selain perang," cetus Rachmad juga.

Untuk diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 5,8 melanda bagian wilayah Kabupaten Mamuju pada Rabu (8/6/2022) siang membawa dampak kerusakan yang cukup parah. 

Gempa yang pusatnya berada pada 43 kilometer (km) arah barat daya Kabupaten Mamuju itu menyebabkan sejumlah warga terluka serta mengakibatkan kerusakan bangunan rumah warga. Selain itu juga fasilitas umum dan fasilitas publik di daerah itu porak-poranda. (tim redaksi)


#bencanalam
#gempabumi
#kabupatenmamuju
#sulawesibarat
#bantuanbencana
#tnial
#komandoarmadaII 
#kepalastafkormarII 
#laksmarachmadjayadi
#krimakassar590

Tidak ada komentar