Breaking News

Baru Mendarat, Jamaah Haji Asal Jakarta Meninggal Dunia

Foto : dok kemenag 

WELFARE.id-Jamaah haji Indonesia meninggal dunia usai tiba di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (4/6/2022). 

Jamaah haji Indonesia yang meninggal dunia bernama Suhati Rahmat Ali, (64) warga Pasar Minggu Jakarta Selatan. Dia merupakan rombongan kloter satu Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 1). 

Embarkasi JKG 01 terdiri dari 393 jamaah haji. Terbang dari Jakarta pukul 06.05 WIB dan tiba pukul 11.30 waktu Arab Saudi (WAS). 

Suhati meninggal dunia setelah mendapat perawatan di poliklinik Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

Kepala Daker Bandara Haryanto menerangkan, JKG 1 mendarat di Bandara AMAA Madinah sekitar pukul 13.00 waktu Arab Saudi. Setelah melewati proses imigrasi dan pemindaian barang bawaan, Suhati merasakan sakit sehingga dibawa ke klinik yang ada di bandara Madinah. 

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas Kesehatan di Bandara Madinah dan poliklinik Bandara, selang beberapa saat kami menerima informasi bahwa jemaah tersebut wafat," ujarnya, dikutip Minggu (5/6/2022). 

Kepala Pos Kesehatan Daker Bandara dr Agus Sultoni menjelaskan menurut keterangan dokter klinik bandara yang menangani, Suhati mengalami gangguan serangan jantung. Almarhumah memang memiliki riwayat penyakit jantung dan hipertensi. "Tadi sempat diperlihatkan gambar irama jantung yang memang tidak teratur," tandasnya. 

Surat Certificate of Death (COD) dari tim kesehatan haji Indonesia pun sudah keluar. "Proses selanjutnya, setelah meninggal akan diatasi oleh Muassasah Al Adilla. Almarhum akan dimakamkan di pemakaman Baqi Madinah" katanya. 

Diketahui, pemakaman Baqi adalah pemakaman tertua yang juga terdapat makam-makam keluarga Rasulullah dan sahabat Nabi. "Adapun suaminya sudah mengikhlaskan dan memyerahkan ke petugas untuk dilakukan proses pemakaman," imbuhnya. 

Almarhumah berangkat haji bersama suaminya, Zainal (64), yang terus mengucurkan air mata karena tak kuasa ditinggal istrinya. Dia bercerita, bahwa saat di pesawat, istrinya masih dalam kondisi sehat, bercanda dan cerita bersama. "Ya Allah, saya mohon maaf bu. Tadi masih cerita-cerita di atas pesawat. Bercanda sama saya," kenang Zainal. 

Zainal lalu berkisah, bahwa nenek dari istrinya, beberapa tahun silam juga wafat di Madinah. Neneknya itu bernama Hj Sati'ah. "Neneknya istri saya itu beberapa tahun lalu juga meninggal di sini. Saat mau haji," katanya.  

Zainal mengaku sudah sangat tabah dan menerima atas meninggalnya istrinya di Madinah. Rasulullah dan keluarganya, serta para sahabat nabi dan ulama yang cinta nabi juga banyak yang wafat di Madinah dan dimakamkan di Baqi. (tim redaksi) 

#jamaahhaji
#jamaahhajiindonesia
#meninggaldunia
#baqi
#madinah

Tidak ada komentar