Breaking News

Banjir di Tiongkok, 10 Orang Tewas

Banjir di Hunan, Tiongkok renggut korban jiwa. Foto : AP photo

WELFARE.id-Hujan deras terus mengguyur provinsi Hunan, Tiongkok. Akibatnya, sedikitnya 10 orang tewas akibat wilayah tersebut diterjang banjir. Ratusan ribu orang lainnya juga dievakuasi setelah ribuan rumah ambruk atau rusak. 

Dilansir AFP dan Associated Press, Kamis (9/6/2022), hujan deras yang mengguyur sejak 1 Juni lalu telah memaksa evakuasi sekitar 286.000 orang di provinsi tersebut. Laporan kantor berita Xinhua menyebut lebih dari 2.700 rumah ambruk atau rusak parah akibat hujan deras tersebut. 

Menurut seorang pejabat provinsi setempat, Li Dajian, sedikitnya 10 orang tewas dan tiga orang lainnya hilang akibat bencana alam itu. "Hujan deras menyebabkan ketinggian air sungai dan danau meningkat secara signifikan," sebut pemerintah provinsi setempat. 

"Seluruh provinsi di semua level tengah merespons secara aktif dan melakukan segala upaya untuk mencegahnya (bencana)," tambahnya. 

Hujan deras berdampak terhadap nyaris seluruh wilayah Provinsi Hunan, dengan sejumlah stasiun prakiraan cuaca melaporkan curah hujan yang mencapai 'level bersejarah'. Disebutkan bahwa otoritas setempat mengatakan 1,79 juta orang telah 'terdampak' cuaca buruk ini, tanpa menjelaskan lebih lanjut. 

Otoritas setempat mengirimkan tenda-tenda, kasur lipat, makanan dan pakaian ke area-area terdampak. Banjir diketahui cukup sering melanda wilayah Tiongkok bagian tengah dan selatan, di mana musim panas yang lembap sering memicu hujan deras. 

Tiongkok mengalami banjir terparah dalam satu dekade terakhir pada tahun lalu dengan lebih dari 300 orang tewas. Sejumlah orang tewas akibat banjir dan tanah longsor di kota Zhengzhou, di mana penduduk setempat terjebak di dalam gerbong kereta bawah tanah, area parkir mobil bawah tanah dan terowongan setempat. Para pakar meyakini bahwa bencana ini kemungkinan besar diperburuk oleh perubahan iklim. (tim redaksi) 

#banjir
#banjirditiongkok
#banjirdicina
#hunan
#banjirdihunan

Tidak ada komentar