Breaking News

Bandung Masuk Jajaran Kota dengan Kuliner Tradisional Terbaik, Yuk Dicek Ada Apa Saja!

Batagor Kingsley, salah satu kuliner legendaris di Bandung. Foto : net

WELFARE.id-Bandung, Jawa Barat masuk ke dalam jajaran kota dengan makanan tradisional terbaik  Kabar membanggakan ini diunggah oleh Pesona.Indonesia serta juga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. Tasteatlas Awards 2022, menunjuk Bandung mengalahkan kota terkenal lainnya di Asia seperti Osaka dan juga Mumbai. 

Melansir dari website resmi tasteatlas.com, kategori Best Traditional Food Cities tak hanya menyertakan kota-kota di Negara Asia saja, melainkan juga Eropa hingga Amerika. Lantas, peringkat berapa sebenarnya yang duduki oleh kota Bandung? 

Dari 25 kota terpilih, Bandung menempati urutan ke 11, satu peringkat di bawah Seoul, Korea Selatan. Sedangkan urutan pertama hingga lima ditempati oleh Mexico, Bangkok, Nepal, Hongkong, dan Buenos Aires. 

Berkaitan dengan prestasi ini, Sandiaga Uno berharap masuknya Bandung ke dalam kota dengan kuliner tradisional terbaik versi Tasteatlas Awards 2021, mampu meningkatkan wisatawan. Baik itu turis lokal ataupun mancanergara. "Dengan begitu, kita akan mendorong kebangkitan ekonomi dan peluang usaha serta lapangan kerja terbuka seluas-luasnya" ujarnya, dikutip dari Instagram @pesona.indonesia, Sabtu (4/6/2022). 

Nah, Apa saja kuliner khas Bandung hingga mampu dinobatkan makanan tradisional terbaik di Asia? 

1.Mie Naripan 

Untuk kamu penggemar mi, nggak boleh kelewatan mencicipi Mie Naripan yang menjadi salah satu kuliner legendaris Bandung. 

Tempat makan jadul ini telah berdiri sejak 1965, lho!. Walaupun begitu, rasa mi yamin Mie Naripan masih tetap menjadi favorit banyak orang hingga kini. Mi yamin non-halal selalu jadi incaran pengunjung Mie Naripan, lho. 

Jangan heran kalau kamu akan menemukan antrean yang panjang di tempat makan yang terlihat sederhana ini, ya. 

2.Martabak Andir 

Kuliner yang satu ini adalah kuliner yang cukup legendaris di kota Bandung lho, yaitu ‘Martabak Andir'. 

Makanan manis yang satu ini memiliki rasa yang cukup berbeda dengan martabak yang biasa kalian temui. 

Rasa dari martabak yang satu ini memang memiliki cita rasa yang tidak pernah dari sejak pertama tempat martabak ini dibuka. 

3.Batagor Kingsley 

Batagor Kingsley adalah makanan khas Bandung yang wajib dicoba jika sempat berjalan-jalan ke Bandung. 

Berlokasi di Jl. Veteran No. 05 Bandung, toko offline maupun online buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB kecuali pada hari Kamis karena libur. 

Produk ini jadi semakin dikenal di tahun 2021 karena antusias terhadap jajanan ini juga tinggi. 

Terbukti dengan hasil yang diperoleh dari Google Trends, bahwa batagor adalah makanan yang paling dicari di tahun 2021. 

4.Sumber Hidangan 

Salah satu kuliner legendaris Bandung yang nggak boleh terlewatkan adalah roti-roti di Sumber Hidangan 

Toko roti ini masih berada di gedung yang sama seperti pertama kali beroperasi pada tahun 1929 silam. 

Jangan harap, deh, kamu akan bertemu dengan colokan listrik atau WiFi. Pemiliknya masih mempertahankan dekorasi zaman dulu dari toko roti Sumber Hidangan. Bahkan, mesin kasirnya juga masih menggunakan mesin kasir jadul. 

5.Sudirman Street 

Kalo ke Bandung, nggak lengkap rasanya jika nggak mampir ke Sudirman Street. Banyak makanan-makanan enak di sana  Di kawasan Jalan Sudirman terdapat sentra kuliner kaki lima yang terkenal. 

Yaitu Sudirman Street Day & Night Market serta Cibadak Street (Jalan Cibadak) yang keduanya terletak di satu area, di mana Anda bisa mencicipi beragam citarasa Bandung sekaligus di satu tempat lho. 

6. Ayam Goreng SPG 

Mencari seporsi ayam goreng dengan harga yang terjangkau? Wajib mampir ke Ayam Goreng SPG. Lokasinya ada di Jalan Hasanudin, Lebakgede, Bandung. 

Warung ayam goreng ini masuk ke dalam salah satu rekomendasi netizen di Twitter. Namanya terbilang cukup unik, karena kata SPG sendiri datang dari dulu banyaknya pelanggan warung makan sederhana ini yang merupakan wanita cantik yang berprofesi sebagai SPG. 

Dari sana sebutan ayam goreng SPG ini tak bisa lepas, dan justru menambah popularitasnya. Banyak YouTuber sampai food vlogger ternama yang penasaran dan ingin mencicipi sajian di sini. 

Ayam goreng ini disajikan dengan serundeng kelapa yang melimpah. Untuk sambalnya menggunakan cabai rawit hijau dan terkenal pedas nampol. Satu porsinya dibanderol Rp 15 ribuan saja 

7. Warung Nasi Ibu Imas 

Menyambangi kota Parahyangan, banyak netizen Twitter yang menyarankan wisatwan untuk mengunjungi salah satu warung Sunda tradisional yang terkenal tak boleh dilewati saat berkunjung ke Bandung. Begitu tersohor, warung Sunda Ibu Imas kerap didatangi oleh selebriti ternama. 

Konsepnya warung nasi Sunda kebanyakan, ada aneka lauk pauk khas Sunda yang begitu lengkap dijajarkan. Salah satu yang paling menarik perhatiannya adalah petai yang bulat dan besar-besar menggelantung ada pada gerobak penyaji lauk pauk. 

Berlokasi di Jalan Balonggede No.48, Bandung. Warung nasi Ibu Imas ini tak pernah sepi pembeli, banyak pembeli yang kalap memesan beberapa jenis makanan. Mulai dari pepes ikan teri, petai, kalilipa atau limpa sapi, hingga karedok leunca. Sambal khas Warung Ibu Imas yang menjadi juara juga tak lupa dipesannya. Kisaran harganya dari Rp10.000 saja. 

8. Cuanki Serayu 

Meski semua orang sudah tau dengan tempat kuliner satu ini. Tapi popularitas Cuanki Serayu memang tidak bisa diragukan lagi. Cuanki Serayu memang sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan namanya sendiri diambil dari lokasi resto cuanki tersebut berada, yakni Jalan Serayu. Di rumah makan Cuanki Serayu ini, kamu juga bisa menyantap dua menu berbeda, yaitu cuanki atau batagor. 

Sebagai tempat makan dengan konsep street food, Cuanki Serayu punya suasana khas warung di mana ada meja dan bangku panjang untuk makan. Di Cuanki Serayu ini juga ada gerobak yang siap melayani pengunjung yang ingin membawa pulang cuanki yang dibelinya. 

Sama seperti halnya bakso, seporsi cuanki juga dilengkapi dengan bawang goreng dan seledri agar tampilan cuanki semakin menarik dan tentunya cita rasa semakin gurih. 

Seporsi cuanki dibandrol dengan harga sekitar Rp17.000-an. Tapi, kalau ingin makan lebih sedikit, kamu juga dapat memesan cuanki setengah porsi. (tim redaksi) 

#kuliner
#kulinerbandung
#makanmakan
#wisatakuliner
#bandung
#makanantradisional

Tidak ada komentar