Breaking News

Bahas Perdamaian, Setelah ke Jerman, Presiden Jokowi Lanjut ke Ukraina dan Rusia

Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan pers di Bandara Soetta. Foto : dok BPMI Setpres

WELFARE.id-Presiden Joko Widodo beserta istri, Iriana Joko Widodo memulai rangkaian kunjungan luar negeri ke empat negara yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab. Mereka bertolak ke Jerman hari ini, Minggu, (26/6/2022). Kunjungan ke Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7. 

Kepala Negara mengatakan dalam hal ini Indonesia diundang sebagai Ketua Presidensi G20. Selain Indonesia, Jerman juga turut mengundang negara mitra lainnya yaitu Argentina, India, Senegal, dan Afrika Selatan. 

“Di mana kita disini adalah sebagai partner country dari G7 dan juga diundang untuk menghadiri G7 ini sebagai Ketua Presidensi G20,” katanya saat memberikan keterangan persnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6/2022). 

Jokowi mengatakan dalam pertemuan itu, dia akan mendorong negara-negara G7 untuk mengupayakan perdamaian dunia salah satunya konflik Ukraina dan Rusia. 

“Dan juga secepat-cepatnya mencari solusi dalam menghadapi krisis pangan, krisis energi yang sedang melanda dunia. Memang upaya ini tidak mudah tapi kita Indonesia akan terus berupaya,” papar Jokowi. 

Kepala Negara juga dijadwalkan melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin. Dalam kunjungannya ke kedua negara yang tengah perang itu, Jokowi akan membuka ruang dialog perdamaian dan mendorong gencatan senjata di tengah konflik kedua negara. 

"Setelah dari Jerman saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu dengan Presiden Zelensky. Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelensky, untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian, untuk membangun perdamaian, karena perang memang harus dihentikan," ujarnya. 

Jokowi juga akan membahas mengenai rantai pasok pangan yang terhenti akibat konflik Ukraina dan Rusia. 

Usai bertolak ke Ukraina, Jokowi akan menuju ke Rusia untuk bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Misinya juga sama yakni membuka ruang dialog dan segera melakukan gencatan senjata. 

“Dari Ukraina, Saya akan menuju ke Rusia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama, saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin untuk melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang,” tambah mantan Walikota Solo itu. 

Sebelumnya, Jokowi akan bertolak ke Munich, Jerman untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 atau G7 Summit di Schloss Elmau, Jerman. (tim redaksi

#presidenri
#jokowidodo
#jokowi
#kunjungankenegaraan
#kttg7
#jerman
#jokowikeukraina
#jokowikerusia

Tidak ada komentar