Breaking News

Art Moments Jakarta, Gelar Tribut untuk Made Wianta

Seniman. Foto : net

WELFARE.id-Masih dalam rangkaian Art Moments Jakarta, akan ada pula pameran spesial, tribut untuk seniman I Made Wianta, salah satu sosok terkemuka dalam dunia seni rupa Indonesia. 

Maestro I Made Wianta meninggal dunia pada 13 November 2020. I Made Wianta dikenal sebagai pelukis modern yang malang melintang belajar seni Eropa ke berbagai negara. 

Dua tahun berpulang, Art Moments Jakarta Online 3 memberikan pameran seni tribute atau penghormatan kepada sosoknya. Sebuah pameran seni berjudul Golden Legacy digelar untuk meramaikan art fair. 

Fair Director dan Co-Founder Art Moments Jakarta, Sendy Widjaja mengatakan, I Made Wianta adalah sosok seniman yang seharusnya lebih dikenal oleh masyarakat. 

Menurut Sendy, pameran spesial ini merupakan awal dari rangkaian program yang dipersiapkan untuk menelusuri jejak kekaryaan I Made Wianta. "Karena menurut kita, Pak I Made Wianta adalah sosok seniman kontemporer yang harusnya itu jauh lebih dikenal masyarakat dibandingkan. 

Kita nggak mau salah seorang pahlawan seni rupa Indonesia itu, karya-karyanya tidak diketahui banyak orang," ujarnya di Jakarta, dikutip Rabu (1/6/2022). 

"Tujuan kita, bersama Wianta Foundation, adalah untuk memberi edukasi kepada para kolektor termasuk yang sudah punya karyanya, bahwa karya yang merek miliki itu misalnya itu bagaimana, atau misalnya karya yang mereka koleksi itu termasuk ke dalam seri yang langka," tambahnya. 

Sejauh penelusuran Sendy bersama timnya, ada sembilan periode kekaryaan I Made Wianta sepanjang hidupnya. Sembilan periode itulah yang diperlihatkan kepada publik melalui belasan karya yang sudah dikurasi. 

"Nantinya, pameran seni Golden Legacy Made Wianta bakal menampilkan 16 lukisan dari 9 periode sepanjang hidupnya. Dari belasan karya seni yang dipamerkan, ada sejumlah lukisan yang menampilkan simbol segitiga. "Ada hidden triangle yang nggak pernah ditampilkan sebelumnya dan baru ada nanti di acara ini," tukasnya. 

Kurator Art Moments Jakarta, Rizki A Zaelani menuturkan, ada sekitar 9 lukisan yang memiliki ciri 'kecendrungan' yang sama. "Golden Legacy untuk mengenal lagi siapakah sosok beliau, seniman Bali yang belajar seni di Yogyakarta, dan lama di luar negeri. Made Wianta mampu menafsirkan Bali dan berbagai tempat yang dikunjungi sesuai tafsirnya," tuturnya. 

Secara keseluruhan, Art Moments Jakarta akan menampilkan lebih dari 1200 karya seni dari 52 galeri peserta secara luring dan daring. Pameran luring akan berlangsung pada 9-12 Juni 2022 di Art: 1 New Museum. Sementara pameran daring bisa diakses oleh publik mulai 10 Juni hingga 31 Agustus mendatang via online. 

Khusus untuk pameran daring, penyelenggara memberlakukan tiket, seharga Rp60 ribu per orang atau 100 ribu per dua orang. Ada juga promo kartu kredit BCA dengan harga tiket Rp20 ribu untuk 200 pembeli pertama di lokasi acara. 

Sendy menjelaskan, pameran luring Art: 1 New Museum ditargetkan bisa menjaring seribu pengunjung setiap harinya selama 9-12 Juni ini. Di samping itu, Sendy optimistis Art Moments Jakarta kali ini dihelat di tengah situasi kebangkitan pasar seni tanah air, sehingga pihaknya pun memasang target penjualan karya hingga puluhan miliar lewat pemeran nantinya. (tim redaksi

#pameranseni
#art
#artexhibition
#artmomentsjakarta
#artmomentsjakarta2022
#madewianta

Tidak ada komentar