Breaking News

Arab Saudi Sambut Kedatangan Rombongan Haji Pertama

Jamaah haji kloter pertama tiba di Madinah Sabtu (4/6/2022). Foto : dok kemenag

WELFARE.id-Arab Saudi hari ini, Sabtu (4/6/2022) mulai menyambut jamaah haji pertama. Mereka adalah rombongan haji pertama setelah dua pandemi COVID-19, yang mendorong pihak berwenang membatasi ritual tahunan. 

Rombongan calon haji dari Indonesia mendarat di kota Madinah, Arab Saudi dan akan melakukan perjalanan ke selatan ke kota suci Mekah dalam beberapa minggu mendatang untuk mempersiapkan haji bulan depan, media pemerintah melaporkan. "Hari ini kami menerima kelompok pertama jemaah haji tahun ini dari Indonesia, dan penerbangan akan dilanjutkan dari Malaysia dan India," kata Mohammed al-Bijawi dari Kementerian Haji Arab Saudi. 

"Hari ini kami senang menerima tamu-tamu Tuhan dari luar kerajaan, setelah dua tahun terhenti karena pandemi," tambahnya. 

Jamaah haji Indonesia kloter pertama diberangkatkan dari embarkasi solo (SOC 1). Sebanyak 358 jemaah mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) sekitar pukul 09.58 waktu Arab Saudi (WAS). 

Mereka disambut oleh Duta Besar Indonesia di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI di Jeddah Eko Hartono, Konsul Haji KJRI Jeddah yang juga Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Nasrullah Jasam, dan Kepala Daker Bandara Haryanto. Dari Arab Saudi, hadir menyambut jemaah SOC 1 Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi. 

"Kami sangat bergembira bisa menyambut kloter pertama jamaah haji Indonesia bersama Deputi Urusan Ziarah Kementerian Haji dan Umrah Abdurrahman al Bejawi," kata Abdul. 

"Saya merasakan bahagia dan haru. Ini sudah ditunggu banyak orang, masyarakat Indonesia. Mereka sudah lama menunggu lama, apalagi setelah tertunda dua tahun karena pandemi," sambungnya. 

Abdul Aziz berpesan agar seluruh jamaah tetap menjaga kesehatan. Meski pandemi sudah menurun, tapi jemaah tetap harus disiplin protokol kesehatan (prokes). Selain itu, kondisi saat ini di Saudi sangat panas. "Jamaah jangan lupa minum, dan makan. Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik," tukasnya. 

Salah satu dari lima rukun Islam, haji harus dilakukan oleh semua Muslim yang memiliki kemampuan setidaknya sekali dalam hidup mereka. 

Haji merupakan salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, sekitar 2,5 juta orang berpartisipasi pada 2019. Tetapi setelah dimulainya pandemi pada tahun 2020, otoritas Arab Saudi mengumumkan bahwa mereka hanya akan mengizinkan 1.000 jemaah untuk ambil bagian. 

Tahun berikutnya, mereka meningkatkan total menjadi 60.000 warga Arab Saudi yang divaksinasi penuh dan penduduk yang dipilih melalui undian. 

Pembatasan peziarah luar negeri menyebabkan kekecewaan mendalam di kalangan umat Islam di seluruh dunia, yang biasanya menabung selama bertahun-tahun untuk ambil bagian. 

Pada bulan April, kerajaan mengumumkan akan mengizinkan satu juta Muslim dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam haji tahun ini, yang akan berlangsung pada bulan Juli. (tim redaksi) 

#haji
#ibadahhaji
#jamaahhajiindonesia
#kloterpertamahaji
#arabsaudi

Tidak ada komentar