Breaking News

Apa itu Ramsay Hunt Syndrome, Lumpuh pada Wajah yang Dialami Justin Bieber

Foto : instagram @justinbieber

WELFARE.id-Penyanyi Justin Bieber mengalami lumpuh di separuh wajahnya. Penyakit ini disebut Ramsay Hunt Syndrome. Bagaimana hal ini bisa terjadi? 

Ramsay Hunt Syndrome yaitu infeksi saraf wajah yang disertai dengan ruam. Dikutip dari Mayoclinic, kondisi ini menyakitkan dan menyerang kelemahan otot wajah. Penyebabnya adalah virus varisela-zoster, virus yang menyebabkan cacar air. 

Setelah menyembuhkan cacar air, virus berdiam tidak aktif dalam saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus aktif kembali. Jika virus tersebut aktif kembali dan menginfeksi saraf wajah. 

Sindrom ini disebabkan oleh virus yang disebut herpes zoster oticus. Tidak seperti cacar air, ruam herpes zoster di dekat saraf wajah di dekat telinga Anda dapat menyebabkan komplikasi lain, termasuk kelumpuhan wajah dan sakit telinga. 

Gejala yang paling terlihat dari sindrom Ramsay Hunt adalah ruam herpes zoster di dekat satu atau kedua telinga dan kelumpuhan abnormal di wajah. 

Dengan sindrom ini, kelumpuhan wajah terlihat di sisi wajah yang terkena ruam herpes zoster. Ketika wajah Anda lumpuh, otot-otot mungkin terasa lebih keras atau tidak mungkin untuk dikendalikan, seolah-olah mereka kehilangan kekuatannya. 

Gejala Umum Ramsay Hunt Syndrome 

• Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di gendang telinga, saluran telinga eksternal, bagian luar telinga, atap dari mulut (langit-langit) atau lidah 

• Kelumpuhan pada sisi yang sama seperti telinga yang terinfeksi 

• Kesulitan menutup satu mata 

• Sakit telinga 

• Pendengaran berkurang 

• Dering di telinga (tinnitus) 

• Sebuah sensasi berputar atau bergerak (vertigo) 

• Perubahan dalam persepsi rasa 

Komplikasi 

Komplikasi sindrom Ramsay Hunt dapat membuat penderitanya mengalami komplikasi. Di antaranya: 

1. Kehilangan pendengaran permanen dan kelumpuhan wajah 

Bagi kebanyakan orang, gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah yang terkait dengan sindrom Ramsay Hunt bersifat sementara. Namun, itu juga menjadi permanen bagi beberapa di antaranya. 

2. Kerusakan mata 

Kelumpuhan wajah yang disebabkan oleh sindrom Ramsay Hunt dapat membuat penderitanya sulit untuk menutup kelopak mata. Ketika ini terjadi, kornea, yang melindungi mata menjadi rusak dan dapat menyebabkan sakit mata dan penglihatan kabur. 

3. Neuralgia pascaherpetik 

Kondisi menyakitkan ini terjadi ketika infeksi virus merusak serabut saraf. Pesan yang dikirim oleh serabut saraf ini menjadi bingung dan berlebihan, menyebabkan rasa sakit yang mungkin berlangsung lama setelah gejala lain dari sindrom Ramsay Hunt memudar. 

Pencegahan 

Virus ini bisa dihindari dengan vaksinasi rutin sejak berusia dini. Vaksin herpes zoster untuk orang berusia 50 tahun atau lebih juga dianjurkan. (tim redaksi) 

#justinbieber
#bellspalsy
#ramsayhuntsyndrome
#konserjustinbieber
#JustinBieberTH2022 
#Indonesia 
#JusticeWorldTour 
#Jakarta

Tidak ada komentar