Breaking News

Agar Tak Mengonsumsi Tahu Berformalin, Coba Tips Mudah Ini

Tahu. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Beberapa hari lalu, polisi kembali membongkar pedagang tahu nakal yang menggunakan formalin. Kepala BPOM Penny K Lukito mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak pelaku usaha yang menggunakan formalin dalam produk pangannya.

Bahkan, hingga Juni 2022 saja, BPOM mengaku menemukan 22 pabrik tahu berformalin. Mereka, para produsen tahu, memilih untuk menggunakan zat berbahaya tersebut dengan tujuan untuk membuat tahu mereka lebih tahan lama.

"Dalam jangka panjang, formalin berpotensi menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Antara lain iritasi saluran napas, sesak napas, pusing, gangguan pernapasan, rusaknya organ penting manusia, hingga menyebabkan kematian," tutur Penny Lukito, dikutip Jumat (17/6/2022).

Masih mengutip laman BPOM, dampak formalin pada kesehatan manusia, dapat bersifat akut dan kronik.

- Akut : efek pada kesehatan manusia langsung terlihat

Ditandai dengan iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing.

- Kronik : efek pada kesehatan manusia terlihat setelah terkena dalam jangka waktu yang lama dan berulang.

Ditandai dengan iritasi kemungkin parah, mata berair, gangguan pada pencernaan, hati, ginjal, pankreas, system saraf pusat, menstruasi berlebih, dan pada hewan percobaan dapat menyebabkan kanker sedangkan pada manusia diduga bersifat karsinogen (menyebabkan kanker).

Lalu, di tengah maraknya tahu-tahu berformalin tersebut, bagaimana masyarakat bisa menghindarinya? Ada beberapa cara mudah untuk mendeteksi apakah tahu menggunakan formalin atau tidak:

1. Digenggam terasa lebih kenyal

Beberapa di antaranya dibeberkan oleh Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat Bayu Sari Hastuti. Salah satu ciri dari tahu berformalin, menurut Bayu, adalah lebih kenyal dibandingkan dengan tahu pada umumnya.

"Caranya dengan menggenggam tahu yang akan dibeli, bila terasa membal, maka wajib dicurigai berformalin," sebutnya. Justru jika tahu mudah hancur, yang sekilas justru terlihat buruk, maka besar kemungkinan tahu tersebut tidak mengandung formalin.

2. Rendam tahu semalaman

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan merendam tahu yang baru dibeli selama semalam. Jika tahu tersebut tidak mengalami kebusukan sama sekali, maka patut dicurigai adanya kandungan formalin di dalamnya.

Selain wajib membuang tahu tersebut, kamu wajib mempertimbangkan untuk membeli tahu dari pedagang lain. (tim redaksi)

#tahuberformalin
#ciricirinya
#tahu
#formalin
#efekbagikesehatan
#dampakkesehatan

Tidak ada komentar