Breaking News

990 Hektar Lahan Hangus Terbakar, Dipicu Cuaca Ekstrem Super Kering di California

Kebakaran lahan dan hutan. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di California, Amerika Serikat. Kebakaran tersebut sudah terjadi sejak akhir pekan lalu dan telah melahap hangus sekitar 990 hektar lahan.

Kantor pemadam kebakaran California mengatakan, hingga Senin (13/6/2022) malam, baru 19 persen api yang berhasil dipadamkan. Petugas mengaku kesulitan memadamkan api karena vegetasi yang lebat, medan curam, dan angin tak menentu.

Mereka memastikan bahwa sejauh ini tak ada korban tewas atau bangunan yang hangus. Namun, kabel yang rusak akibat kebakaran memang menghambat komunikasi.

Departemen Perlindungan Kebakaran Hutan menyatakan, penyebab kebakaran hingga kini masih diselidiki. Demi menghindari korban, Kantor Sheriff wilayah San Bernardion mengeluarkan perintah evakuasi bagi masyarakat yang berada di sekitar jalur kebakaran di Pegunungan San Gabriel, dekat Wrightwood.

Kebakaran juga menyebabkan evakuasi warga yang tinggal di Arizona. Mereka khawatir api menjalar ke wilayah itu karena angin yang tak menentu.

California terus mengalami serangkaian kebakaran hutan selama beberapa tahun terakhir. Kebakaran ini disebabkan kekeringan dan suhu ekstrem yang lebih panas. Sebelumnya, Kebakaran hutan seluas 1.500 hektare terjadi di dekat komunitas pesisir Big Sur, Monterey County, California, Amerika Serikat (AS).

Melansir Reuters, bencana di Januari 2022 tersebut memicu evakuasi dan menutup sebagian jalan raya utama. Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mengatakan, kebakaran yang berlangsung sejak Jumat (21/2/2022) tersebut baru bisa dikendalikan sekitar 5 persen.

Juru Bicara Palang Merah AS mengatakan, 400 orang di Monterey County telah dievakuasi. Sebanyak empat orang dan seekor hewan peliharaan menginap di tempat penampungan di sekolah setempat.

Diketahui, pada 2021, Departemen Kehutanan dan Perlindungan Kebakaran California mengatakan, kebakaran di sana sangat luar biasa. Kondisi tersebut terjadi di tengah kekeringan yang sedang berlangsung dan tingkat reservoir yang rendah. Pada Januari 2021 saja, negara bagian itu memerangi 297 kebakaran di lahan seluas 1.171 hektare. (tim redaksi)

#kebakaranhutan
#kebakaranlahan
#cuacaekstrem
#kekeringan
#california
#amerikaserikat
#evakuasiwarga

Tidak ada komentar