Breaking News

11 Hot Spot Ditemukan Tersebar di 3 Kabupaten di Kaltim, BMKG Langsung Koordinasi dengan BPBD

Kebakaran hutan. Foto: Ilustrasi/ Getty Images/ Wahyudi

WELFARE.id-Titik panas kembali ditemukan di Benua Etam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Stasiun Meteorologi di Kota Balikpapan, mendeteksi adanya 11 titik panas yang tersebar pada 3 kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Ilham Rosihan Fachturoni, mengatakan, titik panas tersebut ditemukan dalam jangka waktu belasan jam. 

"Sebanyak 11 hot spot (titik panas) tersebut terpantau pada hari ini (kemarin, Red) mulai pukul 01.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA," jelasnya, dikutip Senin (13/6/2022).

Ia menjelaskan, sebaran titik panas itu langsung diinformasikan kepada pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing wilayah kabupaten. Adapun 11 titik panas yang tersebar pada 3 kabupaten tersebut, 7 di antaranya, berada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), 2 berada di Kutai Kartanegara (Kukar), dan 2 lagi di Kabupaten Berau.

"Rinciannya adalah titik panas yang terdeteksi di Kukar tersebar pada 2 kecamatan. Yakni 1 di Kecamatan Kembang Muara Badak dan 1 lagi di Kecamatan Loa Kulu, yang keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah," paparnya.

Kemudian, titik panas yang terdeteksi di Berau terpantau di 2 kecamatan. Yakni Kecamatan Kelay dan Kecamatan Gunung Tabur. 

Keduanya pun memiliki tingkat kepercayaan menengah. Sementara itu, 7 titik panas yang terdeteksi di Kabupaten Kutim tersebar pada 6 kecamatan. 

Yakni, 1 di Kecamatan Bengalon, 1 di Kecamatan Busang, 1 di Kecamatan Kaubun. "Kemudian satu hot spot di Kecamatan Sangatta Utara, satu di Kecamatan Muara Wahau, dan dua di Kecamatan Telen. Semua hot spot di Kabupaten Kutai Timur ini juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," tuntasnya dalam keterangan tersebut. (tim redaksi)

#titikpanas
#hotspot
#hotspotdikaltim
#benuaetam
#prakiraanbmkg
#bmkg
#prakirawan

Tidak ada komentar