Breaking News

Waisak, 1252 Narapidana Dapat Remisi

Ilustrasi. Foto : net

WELFARE.id-Sebanyak 1.252 dari 1. 988 narapidana beragama Buddha di seluruh Indonesia mendapatkan remisi khusus (RK) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada Hari Raya Waisak, Senin (16/5/2022). 

Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti menjelaskan, mereka yang mendapatkan remisi terdiri dari 1.245 narapidana menerima RK I atau pengurangan sebagian dan tujuh lainnya menerima RK II yang berarti langsung bebas 

''Untuk RK I perinciannya 116 narapidana menerima remisi 15 hari, 768 narapidana mendapat 1 bulan, 211 narapidana memperoleh 1 bulan 15 hari, dan 2 bulan untuk 150 narapidana,'' ujarnya melalui keterangan tertulisnya, Senin (16/5/2022). 

Rika menjelaskan, remisi tersebut diberikan kepada narapidana yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Seperti misalnya telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak terdaftar pada register F, serta turut aktif mengikuti program pembinaan di lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan negara. 

Lebih lanjut Rika mengatakan, berkurangnya narapidana berimbas pada pengurangan anggaran sehingga negara bisa lebih berhemat. 

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham menghemat anggaran makan para napi hingga Rp739,5 juta. ''Remisi diberikan bukan sekadar reward kepada narapidana yang berkelakuan baik serta memenuhi persyaratan administratif dan substantif. 

Melalui langkah ini negara juga berhasil menghemat anggaran dengan berkurangnya masa pidana narapidana,'' pungkasnya. (tim redaksi

#tahanan
#narapidana
#waisak
#remisi
#narapidanabuddha

Tidak ada komentar