Breaking News

UAS Ditolak Masuk Singapura, Begini Penjelasan Ditjen Imigrasi

Penceramah kondang Ustaz Abdul Somad (UAS). Foto: Instagram

WELFARE.id-Penceramah kondang Tanah Air, Ustaz Abdul Somad (UAS) beserta rombongannya ditolak masuk ke Singapura pada Senin (16/5/2022) tanpa alasan jelas oleh Imigrasi Singapura. 

Selain Ustaz Abdul Somad, ada enam orang lainnya yang juga ditolak masuk ke Negeri Singa tersebut. ”Ketujuh orang WNI tersebut berinisial ASB, SN, Hn, FA, AMA, SQA, SAM yang juga ditolak masuk Singapura,” terang Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Achmad Noer Saleh melalui keterangan resminya, Selasa (17/5/2022). 

Data itu didapatkan Achmad  dari petugas Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pelabuhan International Batam Center, UAS dan rombongannya diketahui telah tiba kembali di Batam dari Singapura pada Senin (16/5/2022) pukul 18.10 WIB.

Berdasarkan informasi yang diterima Achmad juga, UAS beserta keluarga dan sahabatnya mulanya berangkat dari Pelabuhan Batam menuju Singapura pada Senin (16/5/2022) sekitar pukul 12.50 WIB. UAS beserta rombongan berangkat ke Singapura menggunakan Kapal MV Brilliance of Majestic.

Setiba di Singapura, Immigration and Checkpoints Authority (ICA) atau otoritas imigrasi dan pemeriksaan Singapura menolak masuk (denied entry) UAS dan enam orang lainnya. 

Mereka ditolak masuk dengan alasan tidak memenuhi syarat untuk berkunjung ke Singapura. Kemudian, UAS beserta enam orang lainnya langsung kembali ke Indonesia. UAS dilaporkan kembali di TPI Batam Center pada pukul 18.10 WIB. 

Kata Achmad, alasan dan keputusan penolakan UAS dan rombongannya tersebut menjadi wewenang penuh dari otoritas imigrasi Singapura. 

”Tidak ada masalah dalam paspor mereka bertujuh, dari Imigrasi Indonesia sudah sesuai ketentuan. Alasan kenapa otoritas imigrasi Singapura menolak mereka itu sepenuhnya kewenangan dari Singapura, yang tidak bisa kita intervensi," kata Achmad. 

Achmad menambahkan, dari sisi imigrasi Indonesia, tidak ditemukan permasalahan dokumen keimigrasian UAS beserta rombongan. Namun, Achmad mengaku belum mengetahui dengan pasti alasan UAS dan rombongannya ditolak masuk Singapura.

Sebelumnya, UAS mengungkapkan bahwa dirinya ditolak masuk ke Singapura oleh petugas Imigrasi setempat melalui Pelabuhan Tanah Merah pada Senin (16/5/2022) lalu. Hal ini disampaikannya di kanal YouTube Ustaz Abdul Somad, Hai Guys pada Selasa (17/5/2022).

"Saya berangkat ke Singapura pada Senin siang dari Batam tanggal 16 Mei 2022, sampai di Pelabuhan Tanah Merah (Singapura) sekitar jam 1.30 (siang) waktu Indonesia. Dalam rangka libur, kebetulan sahabat saya ini kan dekat rumahnya dari Singapura," katanya.

Selain dirinya, semua rombongan yang datang bersamanya bisa lewat imigrasi dan menyebrang ke Singapura. UAS menjadi orang terakhir yang diperiksa semua berkas, namun dia tidak diizinkan melanjutkan perjalanan.

"Berkas lengkap semua. Travel card, kartu untuk datang-masuk lengkap semua tak ada kurang. Sudah sampai stempel imigrasi dia tidak stempel karena langsung di scan aja paspor, abis itu cap jempol," katanya.

"Pas mau keluar, sahabat saya keluar, istrinya sudah, anaknya sudah, ustazah sudah, anak saya sudah, saya yang terakhir. Begitu saya mau keluar, lalu tas itu ditarik masuk," papar UAS yang mengaku tidak tahu kenapa dirinya tidak boleh masuk Singapura oleh pihak Imigrasi setempat. (tim redaksi)


#kontroversi
#ustazabdulsomad
#singapura
#ditolakmasuk
#imigrasisingapura
#subkoordinatorhumasditjenimigrasi
#kemenkumham 
#achmadnoersaleh

Tidak ada komentar