Breaking News

Tren Lilin Aromaterapi Makin Populer, Intip Efeknya Bagi Kesehatan

Lilin aromaterapi. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Belakangan, tren penggunaan lilin aromaterapi tak lagi hanya untuk menghilangkan bau tak sedap saja. Tapi juga menjadi satu kesatuan dengan manfaat dekorasi dan kesehatan.

Ya, lilin aromaterapi kini dikemas cantik pas untuk melengkapi dekorasi ruang tamu, ruang keluarga, sampai ke kamar, dan kamar mandi. Pilihan wanginya juga beragam, mirip seperti parfum.

Mulai dari wangi lavender, kopi, kue, vanila, hingga jeruk. Melansir Travel and Leisure, Sabtu (14/5/2022), lilin aroma juga memiliki peran penting bagi kesehatan mental seseorang.

Clinical Integrative Psychotherapist terakreditasi sekaligus Cognitive Behavioral Therapist Chryssa Chalkia mengungkapkan, lilin aroma memiliki peran penting dalam efek fisiologis manusia. "Lilin aroma terbukti secara ilmiah dapat memainkan peran penting dalam efek fisiologis, seperti suasana hati, stres, kapasitas kerja, dan kesehatan mental secara keseluruhan,” bebernya.

Dia menuturkan, efek menenangkan yang dimiliki lilin didasarkan pada bagaimana otak memproses bau. Wangi dari lilin aroma merangsang sistem limbik manusia, dimana sistem ini adalah bagian otak yang menampung ingatan dan emosi manusia.

"Hormon seperti serotonin dan dopamin dapat diproduksi untuk membantu mengatur suasana hati. Jadi, keadaan emosi kita dipengaruhi oleh hubungan yang terjalin antara aroma, ingatan, dan emosi,” terangnya.

Singkatnya, beberapa aroma tertentu dapat menarik bagi seseorang karena ada ingatan yang terkait dengannya. Namun, beberapa aroma dapat memicu hormon yang sama berulang kali pada banyak oang yang berbeda, sehingga membuatnya sangat populer sebagai aroma rumah yang menenangkan.

Adapun beberapa aroma tersebut adalah geranium, lavender, dan pepermin yang menurutnya telah terbukti untuk pengobatan berbagai gangguan psikologis dan fisiologis. 

Aroma lain seperti melati dikatakan dapat meningkatkan perasaan positif dan tingkat energi, sementara pepermin dapat mencerahkan pikiran, serta meningkatkan fokus dan ingatan.

Jika ingin mencari yang dapat menenangkan kecemasan, pilihlah aroma rosemari, lemon, kamomil, dan geranium. (tim redaksi)

#lilinaroma
#lilinaromaterapi
#efekmenenangkan
#efekpsikologis
#efekfisiologis
#wangi
#untukpengobatan

Tidak ada komentar