Breaking News

Tornado di Jerman Sapu Rumah Warga, 1 Orang Tewas 40 Lainnya Luka-Luka

Tornado. Foto: Ilustrasi/ Net

WELFARE.id-Tornado menerjang Jerman, Jumat (20/5/2022), sekitar pukul 17.50 waktu setempat. Ahli meteorologi mengatakan, cuaca ekstrem ini disebabkan udara panas yang datang dari Afrika bertemu udara yang cenderung lebih dingin yang bergerak turun dari Eropa utara.

Melansir Reuters, Sabtu (21/5/2022), badai hebat itu menewaskan sedikitnya satu orang dan menyebabkan 40 orang terluka. Sebanyak 10 di antaranya mengalami luka serius.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan tornado yang jelas dengan topan berputar yang khas, melemparkan benda-benda ke udara. BMKG Jerman saat itu tidak segera melakukan konfirmasi bahwa telah terjadi tornado.

Seorang lelaki berusia 38 tahun di Wittgert meninggal dunia akibat luka di kepala, saat jatuh setelah tersengat listrik di ruang bawah tanah yang kebanjiran. Demikian lapor media lokal mengutip pernyataan polisi.

Polisi menyebutkan, 40 orang terluka di Paderborn, kota berpenduduk sekitar 150.000 orang di antara Frankfurt dan Hamburg. Transportasi kereta dan darat terganggu di seluruh wilayah itu.

Polisi juga mengunggah gambar dari Paderborn yang menunjukkan pohon-pohon tumbang atau terbelah setengah, serta atap-atap yang tersapu bersih sehingga tampak ubin rumah. 

"Terpal dan insulasi terempas berkilo-kilometer. Atap yang tidak terhitung jumlahnya terpental atau rusak. Banyak pohon tumbang di atas mobil yang hancur," imbuh pihak kepolisian.

Mereka meminta warga setempat untuk tetap di rumah. Prakirawan Jerman memperingatkan, bahwa cuaca badai diperkirakan akan berlanjut. (tim redaksi)

#tornadojerman
#ahlimeteorologi
#cuacaekstrem
#korbanluka
#korbantewas
#eropautara

Tidak ada komentar