Breaking News

Tolak DOB, Warga Papua Gelar Demo

Unjuk rasa tolak DOB di Jayapura dibubarkan tim gabungan TNI Polri. Foto : twitter

WELFARE.id-Masyarakat Papua hari ini, Selasa (10/5/2022), menggelar aksi unjuk rasa di Kota Jayapura tepatnya Jalan Biak, Lingkaran Abepura, Kota Jayapura. Mereka menolak pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB). 

Khawatir akan menimbulkan kericuhan, TNI Polri langsung membubarkan sebagian para pendemo setelah berkumpul sekitar pukul 10.00 WIT. 

Tembakan gas air mata mewarnai pembubaran demo tersebut. Adapun tiga titik aksi tersebut berada di Abepura, Expo, dan Perumnas III Waena. 

Kapolresta Jayapura Kota Kombes Gustav R Urbinas memastikan situasi secara keseluruhan masih kondusif. ''Tidak ada aksi berlebih yang mengganggu keamanan, setiap ada titik kumpul kami langsung bubarkan,'' katanya. 

Gustav mengatakan, meskipun aparat dilempari batu, tetapi tidak ada korban terluka. ''Massa sempat melempari batu. Anggota kami terpaksa mengeluarkan tembakan peringatan termasuk dengan gas air mata,'' katanya. 

Demonstrasi dari kelompok Petisi Rakyat Papua menyuarakan penolakan pembentukan daerah otonom baru (DOB) dan meminta referendum. Aksi tersebut tidak mengantongi izin kepolisian. 

Dalam kesempatan tersebut, tim gabungan Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota mengamankan Juru Bicara Petisi Rakyat Papua (PRP) Jefry Wenda di Perumnas 4 kelurahan Hedam, Kota Jayapura. 

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH membenarkan tentang penangkapan tersebut. ''Tim gabungan Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota siang tadi (12.35 WIT) mengamankan Jefry Wenda yang merupakan Juru Bicara PRP di Sekretariat Kantor Kontras Papua Perumnas IV Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura,'' ucapnya. 

Kamal mengungkapan, Jefry Wenda diamankan bersama dengan 6 orang lainnya berinisial OS, OB, NI, MM, AD dan IK. ''Saat ini Jefry Wenda bersama 6 orang lainnnya dengan barang bukti berupa satu unit komputer dan satu unit printer telah diamankan di Mapolresta Jayapura Kota untuk pemeriksaan lebih lanjut,'' tukasnya. (tim redaksi) 

#demonstrasi
#aksimassa
#jayapura
#tolakdob
#daerahotonombaru

Tidak ada komentar