Breaking News

Tingkatkan Kualitas SDM Kaltim, Danrem 091 ASN Brigjen Dendi Suryadi Ajak Anak Biasakan Budaya Membaca

Danrem 091 ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi. Foto: Istimewa/ Net

WELFARE.id-Danrem 091 ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi mengajak masyarakat Bumi Etam, khususnya generasi milenial untuk meningkatkan minat baca serta literasi digital. Apalagi, pada 17 Mei ini bertepatan dengan Hari Buku Nasional.

Insight Center (KIC) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan survei tentang literasi digital Indonesia pada 2021. hasilnya indeks literasi digital Indonesia berada di level 3,49 pada 2021. 

Angka tersebut menempatkan indeks literasi digital Indonesia masih berada dalam kategori sedang dengan skala skor indeks 0-5. Terdapat empat pilar yang menjadi komponen dalam penghitungan indeks literasi digital tersebut.

"Kita tahu, bahwa buku itu adalah jendela dunia. Dengan rajin membaca, baik buku fisik maupun digital, diharapkan akan mampu mengantisipasi kemajuan teknologi dan sosial budaya yang begitu dinamis," ungkap perwira tinggi TNI yang merupakan putra daerah tersebut. 

Apalagi, menyambut pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara, maka sudah selayaknya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim ditingkatkan. "Sehingga nanti tidak hanya menjadi penonton di rumah sendiri,” tambahnya.

Ia meyakinkan, pemerintah pusat punya good will yang sangat kuat untuk melibatkan putra daerah sebagai bagian dari kearifan lokal. "Tetapi kita juga harus mampu meyakinkan dengan menambah wawasan dan kemampuan SDM. Cara yang paling akurat dalam peningkatan SDM adalah dengan menumbuhkan budaya literasi,” sarannya.

Dendi yang merupakan putra asli Kutai itu berpesan agar para orang tua dapat menghidupkan budaya membaca untuk anak-anak mereka. "Supaya nanti timbul multiefek terhadap peningkatan kesejahteraan sosial kita," harapnya. (tim redaksi)

#bumietam
#budayaliterasi
#kalimantantimur
#kaltim
#haribukunasional
#brigjentnidendisuryadi
#budayamembaca
#peningkatankualitassdmkaltim
#iknnusantara

Tidak ada komentar