Breaking News

Timnas Basket 3x3 Putri Toreh Sejarah di SEA Games 2021

Timnas basket putri raih medali perunggu di SEA Games. Foto : instagram @basketnasputri

WELFARE.id-Timnas bola basket 3x3 putri Indonesia menorehkan sejarah. Mereka menyabet medali perunggu SEA Games 2021 Vietnam. 

Dalam duel perebutan tempat ketiga di Thanh Tri Gymnasium, Sabtu (14/5/2022), Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, Kimberley Pierre Louis, Adelaide Wongsohardjo dan Nathania Claresta Orville mengalahkan Filipina dengan skor 16-10. 

Srikandi Tanah Air ini telah dua kali membungkam Filipina, yang memang terkenal kuat dalam basket. Sebelumnya, Indonesia juga menang 21-12 pada babak kualifikasi. 

Raihan perunggu ini jadi sejarah bagi timnas 3x3 putri karena untuk pertama kalinya mempersembahkan medali bagi Indonesia di SEA Games. 

Pada SEA Games sebelumnya, timnas 3x3 putri nirmedali, bahkan kesulitan menembus semifinal. Pada 2019, mereka hanya mengemas satu kemenangan dari lima pertandingan. Tahun ini, mereka meraih lima kemenangan dan sekali kalah pada fase penyisihan. 

Jika digabung dengan hasil semifinal dan perebutan peringkat ketiga, total enam kemenangan dan dua kekalahan dibukukan Dewa Ayu Made Sriartha dkk. Perkembangan yang pesat bagi Timnas 3x3 putri. 

Ketum PP Perbasi Danny Kosasih dan Sekjen Nirmala Dewi serta para pengurus mengapresiasi pencapaian timnas 3x3 putri. ''Atas nama Perbasi dan semua pecinta bola basket Indonesia, menyampaikan terima kasih dan selamat. 

Sampaikan salam kepada keluarga masing-masing bagi yang sudah punya rumah tangga. Sampaikan juga terima kasih kita kepada keluarga kalian,'' tandasnya. 

Prestasi tim putri ini menjadi pengobat kegagalan tim basket 3x3 putra. Setelah meraih perak pada SEA Games Filipina 2019 (kalah dari Filipina), timnas 3x3 putra tanpa medali dalam edisi 2021. 

Filipina kembali jadi momok. Mereka membuyarkan ambisi Oki Wira dkk meraih medali karena dalam perebutan tempat ketiga, Indonesia takluk 10-14. Padahal, pada pertemuan sebelumnya Filipina kalah 13-15. 

Kini, Indonesia berharap kepada timnas 5x5 basket untuk mendulang medali. Basket 5x5 mulai dipertandingkan pada Senin (16/5/2022). ''Apa yang didapat hari ini harus menjadi pelecut semangat kita ke depan. 

Apalagi masih ada harapan dari Timnas 5x5 yang baru akan tanding mulai 16 Mei nanti. Kami berharap medali selanjutnya dari cabang olahraga bola basket mengalir dari perjuangan mereka. Mohon doa dan dukungan dari pecinta bolabasket nasional,'' kata Nirmala Dewi. (tim redaksi) 

#basket
#timbasketputri
#3×3
#seagames
#vietnam

Tidak ada komentar