Breaking News

Tertangkap Citra Satelit, Benarkah Tiongkok Buat Kapal Selam Bertenaga Nuklir?

Penampakan kapal selam yang diduga bertenaga nuklir. Foto : AFP

WELFARE.id-Citra satelit terbaru memperkuat dugaan Tiongkok membuat kapal selam bertenaga nuklir baru dengan teknologi lebih mutakhir. Kapal itu diduga bisa memuat rudal. 

Dugaan ini muncul setelah Planet Labs merilis citra satelit yang memperlihatkan satu kapal selam di Pelabuhan Huludao, Provinsi Liaoning, Tiongkok, pada 24 April hingga 4 Mei lalu. 

Beberapa analis militer menilai penempatan kapal selam itu merupakan sesuatu yang langka. Penampakan kapal tersebut lantas memunculkan dugaan negari Tirai Bambu tersebut memiliki kapal selam baru. 

Walaupun demikian, masih belum jelas kapal selam tersebut merupakan armada baru atau bukan. Tak diketahui pula kapal itu punya teknologi yang sudah ditingkatkan, atau jenis kapal lain. 

Menurut beberapa analis, kapal tersebut memiliki area untuk menampung tempat penyimpanan rudal dan sistem propulsi baru yang lebih senyap. 

Pengamat dari Sekolah Studi Internasional S. Rajaratnam, Collin Koh, mengatakan bahwa kemunculan citra kapal ini memperkuat kekhawatiran sejumlah pihak. 

Menurutnya, sekarang sedang tumbuh kekhawatiran besar atas keberadaan kapal selam Tiongkok tipe 093 "pembunuh-pemburu" yang dilengkapi tabung peluncuran rudal kendali vertikal. 

Tabung rudal tersebut bakal menambah fleksibilitas kapal selam Tiongkok, juga melengkapi armada tersebut dengan berbagai rudal kendali. 

Namun, Koh menilai gambaran satelit yang didapatkan masih sangat terbatas untuk bisa mengidentifikasi secara pasti jenis kapal itu. ''(Gambar itu) sangat menarik, tetapi masih sangat sulit untuk yakin apakah kita melihat semacam reparasi untuk pengujian atau memang kapal selam jenis baru,'' katanya. 

Selain itu, Koh dan analis lain tengah memantau dengan serius untuk menentukan kapal selam Tiongkok bakal beralih menggunakan jet propeler yang lebih sunyi dibandingkan baling-baling konvensional atau tidak. 

Pada November lalu, Pentagon memang sempat menyatakan Angkatan Laut Tiongkok bakal membangun kapal selam serang baru yang memiliki tabung peluncuran rudal kendali dalam beberapa tahun ke depan. (tim redaksi) 

#internasional
#china
#tiongkok
#kapalselam
#kapalselambertenaganuklir
#nuklir

Tidak ada komentar