Breaking News

Ternyata, Kilang Minyak Pertamina di Balikpapan Dua Kali Terbakar Dalam Tiga Bulan

Asap hitam membumbung ke langit akibat kebakaran yang terjadi di area Pertamina RU V Balikpapan, Minggu (15/5/2022). Foto: Tangkapan layar video/istimewa

WELFARE.id-Ternyata, kilang minyak milik Pertamina di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) yang terbakar pada Minggu (15/5/2022) sekitar 10.40 Wita bukan pertama kali terjadi. Kebakaran pernah terjadi tiga bulan lalu di tempat yang sama. 

Dalam peristiwa kebakaran yang terjadi Minggu (15/5/2022) itu satu pekerja tewas dan lima orang pekerja lainnya dilarikan ke rumah sakit terdekat. Tiga pekerja mengalami luka bakar dan dirawat di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB), sedangkan dua lainnya hanya luka ringan. 

Berdasarkan catatan, kebakaran yang terjadi kilang minyak Pertamina di Balikpapan, tepatnya di area Refinery Unit (RU) pada 4 Maret 2022 lalu. Penyebab kebakaran kala itu adanya flash di inlet pipa finfan cooler hydrocracker B di RU V.

Untuk diketahui, Refinery Unit (RU) V Balikpapan 
merupakan salah satu Unit Bisnis Direktorat Pengolahan Pertamina yang produknya disalurkan untuk kawasan Indonesia bagian Timur yang 2/3 produknya produk disalurkan ke Indonesia bagian Barat dan diekspor.

Sejak pertama kali dibangun kilang RU V telah mengalami beberapa kali perbaikan guna meningkatkan margin dan kapasitas produksi.

Adapun produk-produk di kilang ini sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yaitu meliputi Bahan Bakar Minyak/BBM (Premium, Kero, Solar, Pertadex dan Pertamax), Non Bahan Bakar Minyak/NBBM (Smooth Fluid 05), dan LPG.

Berlokasi di Balikpapan, Kaltim, Kilang RU V Pertamina telah beroperasi sejak 1922 dan saat ini memasok hingga 26 persen total kebutuhan BBM di seluruh Indonesia.

Lokasi RU V sangat strategis untuk memasok kebutuhan BBM di kawasan Indonesia Timur, dan didukung oleh jaringan distribusi yang baik, mencakup pipa distribusi, kapal tanker, serta moda transportasi darat.

Refinery Unit V memiliki kapasitas pengolahan minyak mentah 260 MBSD (million barel steam per day) setara 25 persen dari kapasitas intake nasional dan market share BBM 15,6 persen skala nasional. (tim redaksi)

#kebakaran
#kilangpertamina
#pertaminarefineryunit(ru)V
#kotabalikpapan
#kalimantantimur
#provinsikaltim
#stokbbmuntukwilayahtimur

Tidak ada komentar