Breaking News

Tepung Terigu Ternyata Bisa Usir Koloni Semut, Begini Caranya

Semut menjadi musuh kaum ibu di rumah dan bisa diusir hanya dengan taburan terigu. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Semut menjadi musuh kaum ibu. Pasalnya, serangga kecil ini kerap muncul di dapur dan rumah. Biasanya jika ada bahan makanan yang jatuh di lantai, semut bisa mendadak muncul secara bergerombol.

Selain itu, kondisi tempat yang tidak terjamah sinar matahari juga bisa membuat semut mudah berkembang biak dan membuat koloni. Untuk mengusir semut ini memang gampang-gampang susah.

Pasalnya meski sudah dibersihkan, terkadang semut ini muncul lagi. Jika semut yang muncul adalah semut yang menyebabkan bengkak jika tergigit, tentu hal ini akan menyusahkan Anda dan keluarga bukan.

Tapi tenang, beberapa bahan alami ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut ini dengan cepat dari dalam rumah. Salah satu yang bisa Anda pakai adalah tepung terigu untuk mengusir semut agar minggat dari rumah. 

Lalu bagaimana caranya? Ternyata cukup mudah mengusir semut dengan tepung terigu. Dilansir dari berbagai sumber, tepung terigu memiliki beragam fungsi selain jadi bahan makanan.

Salah satu kegunaannya ternyata bisa mengusir semut.
Jika dapur Anda seringkali di datangi oleh koloni semut, gunakan tepung terigu untuk membasminya.

Caranya, taburkan tepung terigu di area yang sering dilewati semut. Bubuk tepung akan menempel di tubuh semut sehingga ia akan pergi karena merasa tidak nyaman.

Selain bisa mengusir semut, tepung terigu ini juga bisa Anda gunakan untuk beberapa kebuthan rumah tangga lain selain memasak.

1. Membersihkan bak cuci piring

Tepung terigu sangat ampuh untuk mengembalikan kilaunya peralatan masak berbahan stainless steel, termasuk bak cuci piring.

Jika bak cuci piring mu terlihat kusam dengan noda minyak yang sulit hilang, keringkan bak cuci piring lalu taburkan beberapa genggang tepung terigu di atasnya. Gosok tepung terigu di permukaan bak cuci piring hingga bersih lalu buang sisa tepung ke dalam tempat sampah. 

2. Melonggarkan tutup toples 

Jika Anda memiliki beberapa toples yang seringkali sulit dibuka, Anda bisa melonggarkan tutupnya dengan tepung terigu. Oleskan tepung terigu di tepi mulut toples sebelum menutupnya kembali. Tepung akan membuat tutup toples lebih mudah untuk dibuka.

3. Mematangkan alpukat

Untuk membuat alpukat matang, selain meletakkan alpukat di dalam beras, Anda juga bisa memanfaatkan tepung terigu untuk mematangkan alpukat.

Caranya, dengan meletakkan alpukat dalam mangkuk lalu tutupi permukaannya dengan tepung terigu. Proses ini dapat mempercepat pematangan alpukat sehingga Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengkonsumsinya.

4. Memoles peralatan masak tembaga 

Seiring dengan berjalannya waktu, peralatan masak berbahan tembaga mungkin akan menjadi kusam dan kehilangan kilaunya. Untuk mengatasi hal ini, campurkan tepung terigu dengan garam dan cuka dengan perbandingan yang sama.

Lalu, gosokkan ke peralatan masak berbahan tembaga, diamkan hingga kering. Setelah kering gosok dengan kain bersih hingga tidak ada tepung yang menempel. Maka peralatan masak tembaga Anda akan berkilau dan siap digunakan kembali. (tim redaksi)

#memasak
#manfaattepungterigu
#usirserangga
#semut
#kolonisemut
#dapur
#rumahbersih

Tidak ada komentar