Breaking News

Spanyol Laporkan 23 Kasus Baru Cacar Monyet, Otoritas Kesehatan Kalang Kabut

Penyakit cacar monyet. Foto: Ilustrasi/ WHO

WELFARE.id-Otoritas kesehatan di Spanyol tengah kewalahan menghadapi penyakit cacar monyet. Spanyol melaporkan 23 kasus baru cacar monyet, terutama di wilayah Madrid, Jumat (20/5/2022).

Kasus terbaru itu, sebagian besar infeksi terkait dengan aktivitas di tempat sauna. Jumlah total infeksi di Spanyol kini telah mencapai 30 kasus.

"Pihak berwenang Madrid telah berupaya melacak kasus-kasus itu terutama dari satu wabah di sauna," kata kepala kesehatan regional Enrique Ruiz Escudero kepada wartawan, melansir Reuters, Sabtu (21/5/2022).

Kata sauna di Spanyol merujuk pada tempat nongkrong para gay dan bukan pemandian air panas seperti di Korea. "Departemen Kesehatan Masyarakat akan melakukan analisis yang lebih detail lagi untuk mengendalikan penularan, memutus mata rantai penularan, dan berusaha memitigasi penularan virus ini semaksimal mungkin,” janji Escudero.

Sebanyak 18 kasus lain yang dicurigai sedang diselidiki di Spanyol, 15 kasus di wilayah Madrid, dua kasus di Kepulauan Canary, dan satu kasus di Andalusia, kata otoritas kesehatan. Lebih dari 100 kasus cacar monyet yang umumnya ditemukan di Afrika barat dan tengah kini telah dilaporkan di Eropa.

Penyakit itu adalah infeksi yang biasanya ringan, dengan gejala termasuk demam, sakit kepala, dan ruam bergelombang yang khas. (tim redaksi)

#penyakitcacarmonyet
#monkeypox
#kasuscacarmonyetdispanyol
#menyebardieropa
#kasusbarucacarmonyet
#spanyol

Tidak ada komentar