Breaking News

Shanghai Masih Lanjutkan Lockdown, Target Nol Kasus Medio Mei

Suasana sepi di Shanghai, Tiongkok akibat kebijakan lockdown. Foto: Istimewa/ Bloomberg via Getty Image

WELFARE.id-Pihak berwenang Shanghai belum akan mencabut kebijakan lockdown COVID-19 di seluruh kota. Melansir Reuters, Selasa (10/5/2022), kota yang menjadi pusat komersial berpenduduk 25 juta itu menargetkan nol kasus pada paruh kedua Mei.

Pihak berwenang di beberapa distrik mengeluarkan pemberitahuan yang memerintahkan masyarakat untuk kembali ke kompleks perumahan mereka setelah jalan-jalan singkat atau berbelanja kebutuhan. 

Isolasi yang berkepanjangan dan ketakutan dikirim ke pusat karantina, telah menyebabkan rasa frustrasi yang meluas di kalangan masyarakat, bahkan pertengkaran.

Pembatasan ketat terhadap COVID-19 di Beijing, Shanghai, dan puluhan kota besar lainnya di seluruh Tiongkok menyebabkan warga depresi. Tidak itu saja.

Kondisi tersebut turut membebani ekonomi terbesar kedua di dunia dan mengganggu rantai pasokan global dan perdagangan internasional. Langkah-langkah tersebut sangat kontras dengan sebagian besar dunia, yang saat ini tengah melonggarkan atau menghapus pembatasan COVID-19 untuk hidup dengan virus bahkan ketika infeksi menyebar.

Beijing telah menutup pusat kebugaran dan tempat hiburan, melarang layanan makan di restoran dan menutup sejumlah rute bus dan hampir 15% dari sistem kereta bawah tanahnya yang luas. Di sisi lain, banyak penduduk secara sukarela menghindari keluar.

Perdana Menteri Li Keqiang dalam telekonferensi dengan pejabat tinggi lainnya berjanji  untuk mendukung "sebanyak mungkin pengusaha", terutama di antara perusahaan kecil dan menengah agar tidak terjadi PHK besar-besaran. Tingkat pengangguran Tiongkok saat ini sudah mencapai 5,8% pada Maret, tertinggi sejak Mei 2020. 

Sementara di 31 kota besar lainnya mencapai rekor 6%. Penguncian penuh di Shanghai sejak April dan pembatasan yang lebih ketat di tempat lain 

Shanghai saat ini telah melakukan 63 juta tes PCR dan 126 juta tes antigen cepat pekan lalu, dan akan terus melakukan pemeriksaan harian. Kota-kota lain juga membangun ribuan stasiun pengujian PCR permanen. (tim redaksi)

#shanghailockdown
#covid19
#beijing
#tiongkok
#wabahcovid
#pemeriksaanharian
#pengetatan
#targetnolkasus

Tidak ada komentar