Breaking News

Selain Singapura, Ini Lima Negara yang Juga Pernah Tolak UAS Masuk ke Negaranya

Ustaz Abdul Somad atau UAS. Foto: Istimewa 

WELFARE.id-Ditolaknya rombongan Ustaz Abdul Somad bersama rombongan oleh Imigrasi Singapura menjadi ramai di Tanah Air. Banyak masyarakat, tokoh agama, dan anggota legislatif yang mempertanyakan ditolaknya ustaz kondang yang akrab disapa UAS tersebut. 

Ternyata, ini bukan pertama kalinya UAS ditolak kedatangannya di luar negeri. Tapi beberapa negara sempat menolak masuk UAS. Menurut catatan media ini, sedikitnya ada lima negara pernah tolak UAS. Negara mana sajakah itu?

1. Belanda-Swiss
Penolakan itu terjadi pada tahun 2018 lalu. Ustaz Abdul Somad ditolak kedatangannya di Belanda. Padahal saat itu ia hendak menuju Swiss, namun menempuh perjalanan melalui Belanda. Sama alasannya seperti Belanda, pemerintah Swiss akhirnya juga menolak kehadiran UAS di negaranya, dengan alasan paspor UAS tidak memiliki akses masuk wilayah Eropa. Akhirnya imigrasi Swiss mendeportasi UAS kembali ke Indonesia dengan pesawat melalui Thailand.

2. Timor Leste
Pada tahun 2018 pula, Pemerintah Timor Leste pernah menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad di negaranya. Kala itu kehadiran UAS di sana bertujuan untuk mengisi dakwah umat muslim yang ada di negara itu. Namun langkah UAS di bandara Timor Leste terhenti. Pihak imigrasi negara tetangga itu menduga keberadaan UAS terkait dengan terorisme.

3. Jerman
Lalu pada 2019, Ustaz Abdul Somad kembali ditolak masuk ketika berkunjung ke sebuah negara. Jerman menolak UAS saat itu dengan alasan ada permasalahan terkait dokumen yang dimilikinya untuk masuk negara tersebut.

4. Inggris
Imigrasi Inggris juga pernah menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad di negaranya pada 2020 lalu. Sama seperti Pemerintah Jerman, pemerintah Inggris menolak kedatangan UAS dengan alasan masalah dokumen. Saat itu, UAS juga tak diizinkan menaiki pesawat Royal Brunei.

5. Hong Kong
Pada  tahun 2017, Pemerintah Hong Kong juga menolak kedatangan Ustaz Abdul Somad di negaranya. Usai dicegah masuk Hong Kong, UAS menduga pemerintah setempat melarangnya masuk karena terkait isu terorisme.

”Saya jelaskan terkait informasi itu. Di sana saya menduga mereka tertelan isu terorisme," ujar Somad dalam keterangan di akun Facebook pribadinya saat itu.
UAS juga mengatakan kedatangannya di Hong Kong dalam rangka untuk berdakwah karena diundang oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negara tersebut. (tim redaksi)


#ustazabdulsomad
#uas
#ustazkondang
#ditolakmasuknegaralain
#belanda-swiss
#jerman
#inggris
#hongkong
#isuterorisme
#dokumentidaklengkap

Tidak ada komentar