Breaking News

Selain Boleh Lepas Masker, Jokowi Juga Umumkan Hapus Tes Antigen dan PCR untuk Perjalanan

Pelaku perjalanan luar negeri dan dalam negeri baik itu udara, laut dan darat kini tanpa harus tes antigen dan PCR. Foto: Istimewa

WELFARE.id-Pemerintah terus melonggarkan protokol kesehatan (prokes) seiring terus membaiknya kondisi pandemi COVID-19 di Tanah Air. Karena itu, pemerintah mengeluarkan aturan pelonggaran kebijakan penggunaan masker di luar ruangan.

Pengumuman diperbolehkannya melepas masker di luar ruangan saat beraktivitas itu disampaikan langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa (17/5/2022).  

”Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker,” kata Jokowi dalam pernyataan persnya, Selasa (17/5/2022).

Meskipun demikian Jokowi meminta agar masyarakat tetap menggunakan masker saat beraktivitas di dalam ruangan atau saat menggunakan transportasi publik.

Selain itu, Jokowi meminta masyarakat yang masuk kategori rentan, lanjut usia atau lansia atau memiliki penyakit komorbid maka disarankan agar tetap menggunakan masker saat beraktivitas.

”Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” paparnya juga. 

Kebijakan lainnya yang dikeluarkan pemerintah adalah menghapus persyaratan tes antigen atau tes PCR sebelum perjalanan baik itu perjalanan dalam negeri maupun luar negeri.

Hanya saja aturan tersebut hanya berlaku bagi pelaku perjalanan yang telah mendapatkan vaksin lengkap yaitu dosis pertama dan kedua.

”Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap maka sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes swab, PCR maupun antigen,” kata Jokowi juga. 

Untuk diketahui selama pandemi COVID-19 sejak dua tahu lalu, pemerintah menerapkan aturan tes PCR dan atau antigen bagi pelaku perjalanan, baik itu darat, udara maupun laut terutama yang menggunakan transportasi umum. (tim redaksi)


#presidenjokowi
#jokowidodo
#covid19
#pandemicorona
#pelonggaranmasker
#penularanmenurun
#perjalanan
#tesantigen
#tespcr

Tidak ada komentar